Breaking News:

Berita Jembrana

Petugas Gabungan Jembrana Turunkan Baliho yang Ganggu Estetika Kota

Kepala Satuan Pol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya menjelaskan penetapan lokasi pemasangan, penyebaran dan penggunaan reklame berupa baliho, spanduk,

istimewa
Pembersihan petugas gabungan di beberapa kawasan di kabupaten Jembrana, Senin (11/1/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA- Dalam rangka tetap terjaganya ketertiban, keselamatan umum, estetika, kesehatan, kesusilaan dan pelestarian lingkungan dipandang perlu dilakukan upaya penataan dan pengaturan menjaga kebersihan dan keidahan lingkungan sesuai dengan yang telah diatur dalam Perda Kabupaten Jembrana Nomor 5 tahun 2011 tentang pajak reklame dan Peraturan Bupati Jembrana Nomor 39 Tahun 2011 tentang pelaksanaan Perda Kabupaten Jembrana No.5 Tahun 2011 tentang Pajak Reklame.

Hari ini, Senin (11/1/2021) dilaksanakan apel penertiban baliho, spanduk, dan atribut lainnya yang melibatkan unsur TNI/Polri, satuan Pol PP Jembrana, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, dan pecalang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja I Komang Suparta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Wayan Sudiarta. 

Kepala Satuan Pol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya menjelaskan penetapan lokasi pemasangan, penyebaran dan penggunaan reklame berupa baliho, spanduk, banner dan lain-lain di wilayah Kabupaten Jembrana diatur oleh pemerintah daerah, pada kawasan umum dan kawasan khusus.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan lestari yang merupakan tanggung jawab kita bersama.

Baca juga: Satpol PP Buleleng Tertibkan Baliho Tanpa Izin dan Kedaluarsa

“Namun di lapangan, masih banyak ditemukan pemasangan baliho, spanduk, dan atribut lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan bahkan ada yang tidak berijin yang mengganggu keindahan dan kebersihan, serta berkontribusi terjadinya kekumuhan lingkungan sehingga berdampak negatife terhadap citra Bali pada umumnya sebagai destinasi pariwisata dunia.

 Sehingga hal-hal tersebut perlu untuk ditertibakan guna  mewujudkan lingkungan yang bersih dan indah di wilayah kabupaten Jembrana,” ucapnya, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut Kasatpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya menyampaikan apel siaga penertiban baliho, spanduk, dan atribut lainnya ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota di Bali merupakan momentum sinergitas kita sebagai pemangku kepentingan untuk menyatukan gerak langkah kita dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat menghilangkan kesan kumuh lingkungan Bali sebagai destinasi wisata agar tetap ajeg dan lestari.

"Kegiatan penertiban dilaksanak di jalan umum/jalan protokol dan taman kota dan sampai ke pelosok-pelosok desa ini menyasar baliho, spanduk dan atribut lainnya yang tidak pada tempatnya, yang tidak berijin, ijinnya kadaluwarsa, yang robek dan yang lapuk.

Pelaksanaan penertiban terhitung dilaksanakan mulai hari ini tanggal 11 Januari s/d 16 Januari 2020, khusus di Kabupaten Jembrana hari ini penertiban dilaksanakn di 2 kecamatan yaitu Negara dan Jembrana, dan besok akan dilanjutkan untuk di kecamatan lainnya," tuturnya.

Disamping itu, pihaknya juga mengimbau kepada rekan-rekan babinsa dan babinkamtibmas untuk bersinergi dengan kepala desa, bendesa adat untuk melaksanakan kegiatan penertiban reklame di wilayah masing-masing.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar serta membuahkan hasil dalam rangka menjaga kebersihan dan keindahan wilayah Kabupaten Jembrana yang BALI (Bersih, Aman, Lestari dan Indah)," imbuhnya. (*).

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved