Breaking News:

Berita Bali

Dispar Bali dan PT. Sucofindo Berikan Sertifikat I Do Care Kemenparekraf kepada Cafe del Mar

Kemenparekraf telah memberikan label dan sticker Indonesia Care kepada 1.111 industri usaha pariwisata di Bali

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Penyerahan Sertifikat I Do Care Kemenparekraf dari Dispar Bali dan PT Sucofindo kepada Cafe del Mar - Dispar Bali dan PT. Sucofindo Berikan Sertifikat I Do Care Kemenparekraf kepada Cafe del Mar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Kemenparekraf telah memberikan label dan sticker Indonesia Care kepada 1.111 industri usaha pariwisata di Bali melalui proses sertifikasi CHSE yang dilakukan oleh PT Sucofindo dan konsorsiumnya.

Untuk menyeimbangkan pembangunan ekonomi dengan kesehatan bersamaan jalan di tengah pandemi Covid-19 ini, bagi pengelola pariwisata pada adaptasi kebiasaan baru harus menerapkan protokol kesehatan.

Guna membuktikan bahwa industri pariwisata yang ada di Bali telah tahu, mau dan mampu menerapkan protokol kesehatan (prokes) itu adalah dengan melakukan sertifikasi protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, And Environmental Sustainbility).

Proses sertifikasi diawali dengan audit dari tim auditor PT. Sucofindo (Persero) dan setelah semua persyaratan dipenuhi, maka baru sertifikat CHSE dan Indonesia Care dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu didapatkan oleh industri tersebut.

Baca juga: Pasutri yang Percaya Covid-19 Sebagai Teori Konspirasi Kini Sekarat di Rumah Sakit Malaysia

Baca juga: Tiga Hari Berturut-turut Pecah Rekor Covid, Kasus Positif Tambah 12.818 Orang

Baca juga: Update Covid-19 di Bali Hari Ini: Positif 311 Orang, Sembuh 202 Orang, Meninggal 6 Orang

"Inilah bentuk pengakuan dari Pemerintah untuk membangun trust atau kepercayaan wisatawan, karena wisatawan yang datang ke Bali itu harus safe dan begitu pulang ke negaranya atau daerah asalnya juga aman tidak tertular Covid-19," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa, Jumat 15 Januari 2021, usai menyerahkan sertifikat I Do Care Kemenparekraf dan protokol kesehatan CHSE kepada Cafe del Mar Bali.

Hadir juga dalam penyerahan sertifikat I Do Care Kemenparekraf dan protokol CHSE ini Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata Badung Ngakan Putu Tri Ariawan, Kepala Cabang PT.Sucofindo (Persero) Denpasar Dedih Budiawan Sugianto, Kepala Bidang Inspeksi & Pengujian Sucofindo Cabang Denpasar Fikri Haykal dan General Manager Cafe del Mar Bali Laetitia Delvart.

Sebaliknya juga pada karyawan industri tersebut tidak merasa was-was karena wisatawan tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan selama berada di tempat itu.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah bersinergi dengan Dinas Pariwisata Provinsi Bali serta memfasilitasi sertifikasi penerapan CHSE ini bekerjasama dengan PT. Sucofindo (Persero) yang menargetkan sebanyak 900 industri yang disasar.

"Semuanya sudah bisa tercover dan targetnya sudah tercapai sehingga inilah yang membuat kami merasa senang. Kedepan kami harapkan protokol kesehatan ini bisa tetap berjalan walaupun sudah ada vaksin karena perilaku hidup bersih apalagi kita ingin Bali tidak sekedar CHSE tapi adalah ingin Bali sehat," jelas Putu Astawa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved