Breaking News:

Berita Tabanan

Enam Titik Bencana di Tabanan, Kerugian Rp 300 Juta, Penanganan Jalan Jebol Minta Bantuan ke Pemprov

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan hingga saat ini baru menerima enam laporan titik bencana yang terjadi pasca cuaca ekstrim

Istimewa
Suasana salah satu bencana di Tabanan mengakibatkan jalan jebol di perbatasan Kecamatan Tabanan menuju Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Sabtu (16/1/2021). 

TRIBUN-BALI.COM,  TABANAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan hingga saat ini baru menerima enam laporan titik bencana yang terjadi pasca cuaca ekstrim yang berlangsung sejak Kamis 14 Januari 2021 hingga Sabtu 16 Januari 2021 kemarin.

Total, kerugian yang diakibatkan dari enam titik ini sekitar Rp 300 Juta.

Dari titik yang dilaporkan, Pemkab Tabanan juga mengatensi peristiwa banjir di Kecamatan Kediri yang selalu terjadi ketika musim hujan alias langganan banjir.

"Hingga saat ini baru ada 6 titik bencana alam yang dilaporkan ke kami di BPBD Tabanan.

Baca juga: Tembok Penyengker DPRD Tabanan Ambruk Terkikis Air Bah, Tembok Pura Beji 2 Meter di Sebelahnya Aman

Pasca dilaporkan kita sudah berupaya untuk melakukan penanganan secara maksimal," kata Kepala BPBD Tabanan, I Gusti Ngurah Made Sucita, Minggu 17 Januari 2021.

Dia menjelaskan, pihak Pemkab Tabanan juga sudah menggelar rapat khusus penanganan perumahan yang menjadi langganan banjir saat turunnya hujan deras, yakni Perumahan Sanggulan Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri.

Dari hasil rapat, solusi penanganan banjir untuk jangka pendek di perumahan tersebut adalah warga harus tetap berkoordinasi dengan membuka penutup saluran irigasi ketika cuaca buruk terjadi.

Sebab, selama ini permasalahannya adalah di saluran irigasi yang kerap tidak mengalir dengan lancar karena banyaknya sampah kayu.

Sehingga, ketika air tak lancar lantas meluber le perumahan.

"Kami mohonkan warga agar tetap berkoordinasi untuk membuka saluran air tersebut ketika cuaca buruk," pesannya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved