Breaking News:

Berita Bali

KPU Bali Sebut Sabtu Ini Gelar Penetapan Calon Terpilih, Pelantikan Digelar 17 Februari

"Bali akan ditetapkan calon terpilihnya sabtu 23 Januari 2021 serentak di 6 kabupaten/kota," kata Ketua KPU Bali, Dewa Agung Lidartawan, Kamis 21 Janu

Tribun Bali/Ragil Armando
KPU Kota Denpasar menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilwali Denpasar 2020, pada Jumat (16/10/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tahapan akhir proses Pilkada Serentak 2020 di Bali segera akan berakhir. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali telah menerima suratt dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan Pilkada Serentak di Indonesia, Rabu 20 Januari 2021 malam.

Atas dasar surat tersebut, KPU Bali menegaskan bahwa KPU kabupaten/kota akan melaksanakan pleno terkait

penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih. 

Bahkan, rencananya penetapan tersebut akan dilaksanakan secara serentak pada Sabtu 23 Januari 2021.

"Bali akan ditetapkan calon terpilihnya sabtu 23 Januari 2021 serentak di 6 kabupaten/kota," kata Ketua KPU Bali, Dewa Agung Lidartawan, Kamis 21 Januari 2021.

Baca juga: Pilkada 2020 Telah Selesai, KPU Bali Tunggu Petunjuk Pusat Soal Baju Hazmat

Baca juga: KPU Bali Jelaskan Syarat Gugatan Hasil Pilkada

Baca juga: Target Partisipasi Masyarakat di Pilkada Serentak 2020 Melenceng, KPU Bali Segera Lakukan Riset

Bahkan, ia menyebutkan bahwa beberapa KPU di Bali seperti KPU Kota Denpasar yang merencanakan untuk menggelar penetapan calon yakni pada hari Kamis 21 Januari 2021 memundurkan jadwalnya. 

 "Diundur tanggal 23," katanya.

Mantan Ketua KPU Bangli ini mengatakan bahwa dalam acara penetapan calon terpilih itu dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Bahkan, pihaknya juga membatasi para undangan yang akan hadir dalam acara tersebut.

“Ya teknis pelaksanaannya wajib mengikuti protokol kesehatan dengan undangan yang minimal. Akan sangat ketat supaya tidak ada kluster pilkada. FKPD, paslon, ketua tim dan ketua parpol mengusung berkisar 25 sampai dengan 30 orang," akunya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menyediakan live streaming bagi para awak media dan para pendukung para calon terpilih tersebut. "Tetap ada live streaming nanti," katanya.

Selain itu, usai penetapan nantinya para calon terpilih akan dilantik pada 17 Februari mendatang oleh Gubernur Bali, Wayan Koster.

"Ya pelantikan tgl 17 Februari oleh Gubernur," tandasnya.

Sesuai dengan hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020, Paslon terpilih yang akan dilantik pada 17 Februari 2020 mendatang adalah Cabup-Cawabup Jembrana terpilih I Nengah Tamba-Gede Patriana Krisna, Cabup-Cawabup Tabanan terpilih I Komang Gede Sanjaya-Made Eddy Wirawan.

Lalu, Cabup-Cawabup Badung terpilih I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa, Cabup-Cawabup Bangli terpilih Sang Nyoman Sedana Artha-I Wayan Diar, Cabup-Cawabup Karangasem terpilih Gede Dana-I Wayan Artha Dipa dan Calon Walikota-Wakil Walikota Denpasar terpilih I Gusti Ngurah Jaya Negara-I Kadek Agus Arya Wibawa.

Baca juga: KPU Bali Mencatat 5.511 Pemilih Pilkada Belum Rekan Data KTP Elektronik

Baca juga: Sambangi KPU Bali, Pangdam IX/Udayana Pastikan Pilkada Serentak Berjalan Aman dan Sesuai Prokes

Penulis: Ragil Armando
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved