Breaking News:

Corona di Bali

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Pemprov Bali Tambah Dua Hotel di Denpasar Untuk Isolasi OTG

"Hari ini ada penambahan pada Hotel Inna Veteran dan Inna Grand Bali Beach, sehingga diharapkan isolasi mandiri ini dapat bergerak berpusat pada isola

ist
Ilustrasi pasien corona. 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Saat ini Pemerintah Provinsi Bali telah menyiapkan hotel untuk menghentikan kegiatan isolasi mandiri. Ketika ditemui, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya Mengatakan hari ini pihaknya telah menambahkan dua hotel untuk tempat isolasi. 

"Hari ini ada penambahan pada Hotel Inna Veteran dan Inna Grand Bali Beach, sehingga diharapkan isolasi mandiri ini dapat bergerak berpusat pada isolasi hotel dan yang bergejala dibawa ke Rumah Sakit," jelasnya pada, Jumat 22 Januari 2021. 

Selain itu pihaknya juga sudah mengeluarkan surat edaran untuk seluruh Fasilitas Kesehatan agar menambah fasilitas tempat tidur minimal 30 persen dari yang sudah dimiliki.

Bahkan salah satu Rumah Sakit Rujukan Covid-19 yaitu RSUD Bali Mandara sudah melebihi jumlah tempat tidurnya dengan total 200 tempat tidur dan akan bertambah 20. 

Selain menambah tempat tidur beberapa rumah sakit juga menambahkan ruang isolasi dan ruang ICU.

Baca juga: Jalani Isolasi Mandiri Gisel Kisahkan Ulah Gempi yang Bikin Rindu, Tulis Surat Sampai Video Call

Baca juga: Gisel Tak Hadir di Polda Metro Jaya Untuk Wajib Lapor Karena Isolasi Mandiri

Baca juga: Ruang Rawat Pasien Covid-19 di RSD Mangusada Bali Penuh, Dirut: Harus Tambah Ruang Isolasi

Namun penambahan dengan ruang ICU ini diakuinya cukup sulit dikarenakan harus mempersiapkan ventilator dan yang lainnya. 

"Upaya-upaya itulah yang akan dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Sementara untuk saat ini jumlah hotel untuk isolasi tersedia sebanyak 20 hotel dan untuk tempat tidurnya sudah disiapkan lebih dari 2.500 tempat tidur untuk hotel. Dan untuk keterisian pasien isolasi OTG pada hotel mungkin hanya terisi setengahnya saja dikarenakan lebih dari 800 masyarakat lebih memilih melakukan isolasi mandiri di rumah," tambahnya. 

Ia juga turut berharap kepada masyarakat yang positif Covid-19 dan dalam kategori OTG agar bersedia melakukan isolasi terpusat di Hotel terlebih fasilitas-fasilitas nya ditanggung oleh pemerintah.

Suarjaya juga meyakinkan bahwa, hal tersebut tentu saja bisa mencegah transmisi kembali terjadi. 

"Dan bagi masyarakat yang positif Covid-19 jangan ragu-ragu untuk menghubungi Satgas nantinya Satgas akan membawa ke rumah sakit atau hotel sesuai dengan gejalanya," tutupnya. (*) 

Baca juga: Ruang Isolasi di RSUD Wangaya Tersisa 4 Bed, Rumah Singgah Terisi 177 Pasien Covid-19

Baca juga: Ruang Isolasi Penuh, RSU Bangli Manfaatkan Ruang Isolasi Pasien Suspek

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved