Corona di Bali

Kasus Baru Covid-19 di Bali Meningkat, RS PTN Unud Operasikan Gedung 6

Mengantisipasi BOR mencapai 100 persen, RS PTN Unud kini mengoperasikan gedung 6 untuk pasien Covid-19.

Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Screenshot peresmian pengoperasian gedung 6 RS PTN Universitas Udayana, Bali secara daring, Rabu 27 Januari 2021 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Penambahan kasus baru Covid-19 di Bali beberapa waktu terakhir cukup signifikan dan ini berdampak pada Bed Occupancy Rate (BOR) di sejumlah Rumah Sakit.

Mengantisipasi BOR mencapai 100 persen, RS PTN Unud kini mengoperasikan gedung 6 untuk pasien Covid-19.

"Semenjak ditunjuk sebagai Rumah Sakit isolasi khusus pasien Covid-19 oleh Gubernur Bali telah melakukan peningkatan infrastruktur dan pengembangan sarana prasarana penunjangnya. Salah satunya adalah gedung 6, dua lantai gedung 6 ini yang sudah ada dikembangkan untuk pelayanan khusus pasien Covid-19 yang sebelumnya layanan Covid-19 hanya dilakukan di gedung 3 RS PTN Unud," ujar Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi, Rabu 27 Januari 2021.

Ia menambahkan penataan sarana dan prasarana di gedung 6 telah disesuaikan dengan standar khusus ruangan isolasi, gedung 6 memiliki fasilitas ruang perawatan, ruang pengganti Alat Pelindung Diri, serta 36 tempat tidur dengan ruangan bertekanan negatif.

Besok, Seluruh Pejabat Provinsi Bali Yang Ikuti Vaksin Covid-19 Tahap Pertama Akan Divaksin Kembali 

Sejumlah Petugas Positif Covid-19, Operasional Kantor Imigrasi Ngurah Rai Bali Tutup Sementara

"Ruang isolasi tekanan negatif agar tidak terjadi penularan virus melalui udara. Selain itu gedung 6 juga telah dilengkapi dengan jalur-jalur khusus bagi pasien Covid-19 dan tenaga medis yang bertugas sehingga terpisah dari pasien non Covid-19," imbuh Prof. Raka Sudewi.

Pengerjaan perbaikan sarana dan prasarana gedung 6 dilakukan selama dua bulan terakhir dari bulan November hingga Desember 2020, dan telah dilakukan peninjauan secara berkala.

Dengan beroperasinya gedung 6 ini dapat memberikan pelayanan maksimal bagi pasien Covid-19

"Kepada masyarakat saya berharap agar tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19, tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta tidak abai kesehatan diri sendiri dan keluarga," harapnya.

Peresmian pengoperasian gedung 6 dilakukan secara daring atau online selain dihadiri oleh Rektor Unud, hadir juga Direktur RS PTN Unud Dr. dr Dewa Putu Gede Purwa Samatra.

Respons PERSI Provinsi Bali Terkait Rumah Sakit Bisa Kolaps

Sebelumnya beredar kabar dari Sekjen Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) yang menyebutkan bahwa saat ini Rumah Sakit di Pulau Jawa dan Bali dalam kondisi nyaris kolaps dikarenakan mulai membeludaknya jumlah kasus positif Covid-19

Ketika dikonfirmasi, Ketua PERSI Provinsi Bali, dr. IGAN Anom, mengatakan di Jawa terutama di Jakarta yang notabenenya merupakan zona 1 mungkin saja hal tersebut bisa terjadi. 

"Kalau di jawa terutama Jakarta, yang zona 1,mungkin bisa terjadi ,kalau di Bali sesuai situasi saja, karena Dinkes sudah menyiapkan banyak Tempat Karantina, jadi yg bergejala baru masuk ke RS," ungkapnya pada Tribun Bali, Rabu 27 Januari 2021. 

Ia juga turut membagikan data rata-rata Rumah Sakit yang merawat pasien Covid-19 pertanggal 18 hingga 23 Januari 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved