Breaking News:

Berita Internasional

Pemimpin de Facto Myanmar Aung San Suu Kyi Ditahan, Ini Peristiwa Politik dan Keamanan Sebelumnya

pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi dan sejumlah tokoh senior Partai National League for Democracy (NLD), termasuk Presiden Win Myint ditangkap

pcrc.org
Pemimpin de Facto Myanmar, Aung San Suu Kyi 

TRIBUN-BALI.COM - Media sosial Twitter pada Senin 1 Februari 2021 diramaikan dengan beberapa kata populer, seperti " Aung San Suu Kyi", " Myanmar", dan " Rohingya".

Sejumlah kata kunci itu menjadi trending setelah pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi dan sejumlah tokoh senior Partai National League for Democracy (NLD), termasuk Presiden Win Myint ditangkap pada Senin 1 februari 2021.

Penangkapan ini dikonfirmasi oleh Juru Bicara NLD Myo Nyunt.

"Saya ingin memberitahu rakyat kami untuk tidak menanggapi dengan gegebah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum," kata dia. 

Profil Myanmar, Negara Kaya Batu Giok yang Kini Dalam Situasi Darurat

Peristiwa tersebut terjadi setelah meningkatknya ketegangan selama beberapa hari di Myanmar.

Berikut timeline beberapa peristiwa penting dalam sejarah pergolakan Myanmar baru-baru ini, dilansir dari Reuters, Senin 1 Februari 2021:

Kemenangan Partai NLD

November 2015: Partai NLD memenangkan pemilu dengan telak, sehingga mengantarkan Aung San Suu Kyi mengambil alih kekuasaan dalam peran yang dibuat khusus sebagai penasihat negara.

Ia bersumpah untuk menyelesaikan berbagai konflik etnis di negara itu, menarik investasi asing, dan melanjutkan reformasi yang dimulai oleh mantan jenderal Thein Sein.

Oktober 2016: Militan Rohingnya menyerang tiga pos perbatasan polisi di Negara Bagian Rakhine dan menewaskan sembilan petugas polisi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved