PDIP Tunjuk Diah Pitaloka Menjabat Wakil Ketua Komisi VIII DPR Gantikan Ihsan Yunus

Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa meminta persetujuan anggota mengenai perubahan komposisi pimpinan Komisi VIII DPR.

Editor: DionDBPutra
Dok Pribadi Diah Pitaloka
Diah Pitaloka kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR. Diah Pitaloka menggantikan Ihsan Yunus yang dimutasi ke Komisi II DPR. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) menunjuk anggota Komisi VIII DPR Diah Pitaloka menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR.

Diah Pitaloka menggantikan Ihsan Yunus yang dimutasi ke Komisi II DPR.

Penetapan Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR berlangsung dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar di Jakarta, Senin 8 Februari 2021.

"Perihal perubahan penugasan kelengkapan DPR RI, yaitu yang semula saudara M Ihsan Yunus, digantikan oleh saudara Diah Pitaloka," kata Muhaimin Iskandar di Ruang Rapat Komisi VIII DPR, Senayan, Jakarta.

PDIP Copot Rieke Diah Pitaloka dari Wakil Ketua Baleg DPR, Ganti dengan M Nurdin

Fraksi PDI-P Rotasi Ribka Tjiptaning dari Komisi IX ke Komisi VII, Juga Johan Budi dan Ihsan Yunus

Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu kemudian meminta persetujuan mengenai perubahan komposisi pimpinan Komisi VIII DPR.

"Untuk kepentingan ini, apakah para anggota menyetujui susunan tersebut?," tanya Muhaimin.

"Setuju," jawab anggota Komisi VIII DPR serentak.

19 Dengan penetapan ini, maka susunan pimpinan Komisi VIII DPR RI terdiri dari Yandri Susanto selaku Ketua Komisi VIII serta Ace Hasan Syadzily, Marwan Dasopang, Mokhlas Sidik, dan Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Komisi VIII.

Diberitakan sebelumnya, PDIP merotasi sejumlah anggota DPR RI periode 2019-2024, salah satunya Ihsan Yunus dari Wakil Ketua Komisi VIII menjadi anggota Komisi II.

Adapun Ihsan Yunus tengah dikait-kaitkan dengan kasus dugaan suap terkait bantuan sosial Covid-19 yang menjerat mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Mensos Juliari Batubara Sempat Larang Dana Bansos Digunakan Beli Rokok Sebelum Ditangkap KPK

Dalam rekonstruksi yang digelar KPK, diketahui bahwa perantara Ihsan yang bernama Agustri Yogasmara menerima uang Rp 1,352 miliar dan dua sepeda merek Bompton dari Harry Van Sidabuke, pihak swasta yang berstatus tersangka dalam kasus tersebut.

Dalam kasus itu, Juliari Batubara diduga telah menerima uang sebesar Rp 17 miliar yang kemudian digunakan untuk keperluan pribadinya.

Uang tersebut diduga didapat dari fee setiap paket pekerjaan yang harus disetorkan para rekanan kepada Kementerian Sosial sebesar Rp 10.000 per paket bansos senilai Rp 300.000.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul Diah Pitaloka Gantikan Ihsan Yunus Sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR

Artikel ini telah mengalami perubahan pada foto dan penyebutan nama pada paragraf pertama, sebelumnya menyebut dan menggunakan foto Rieke Diah Pitaloka, yang benar adalah Diah Pitaloka. Dengan ini kami telah memperbaiki dan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang sebelumnya ditimbulkan.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved