Breaking News:

Berita Denpasar

Air Terus Gangguan, PDAM Akan Buat Kanal dan Percepat Penyelesaian Reservoir Monang-Maning Denpasar

PDAM Denpasar (Perumda Tirta Sewakadarma) terus mengalami gangguan pengaliran air belakangan ini.

TRIBUN BALI/ I PUTU SUPARTIKA
Dirut Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana. PDAM Akan Buat Kanal dan Percepat Penyelesaian Reservoir Monang-Maning Denpasar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PDAM Denpasar (Perumda Tirta Sewakadarma) terus mengalami gangguan pengaliran air belakangan ini.

Intensitas hujan yang tinggi selalu membuat air Sungai Ayung keruh.

Hal ini pun berdampak terhadap produksi air baku di mana air dengan kadar kekeruhan tinggi mengakibatkan intake menjadi tidak berfungsi dan proses pengolahan air baku menjadi terhambat. 

Bahkan hal ini terjadi berulang-ulang setiap tahunnya.

Terkait kondisi ini, PDAM Denpasar berencana membangun kanal air baku untuk mendukung proses pengolahan air di IPA Belusung.

Selain itu, pembangunan reservoir yang sedang berlangsung di Monang Maning dengan kapasitas 1.000 meter kubik juga akan terus digenjot.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana saat dikonfirmasi pada Selasa 9 Februari 202.

“Hujan lebat di hulu membuat air baku bercampur dengan pasir dan lumpur dengan volume yang banyak, sehingga menutup saluran intake, karenanya gangguan produksi air baku terjadi, dan kami mohon permakluman kepada pelanggan,” katanya.

Ia menambahkan gangguan produksi hanya terjadi di IPA Belusung.

Sementara IPA Waribang dan Sumur Bor tetap beroperasi.

“Bagi pelanggan di wilayah IPA Waribang dan Sumur Bor masih aman, dan yang di IPA Belusung saja terganggu, itu sudah kami atensi dengan Truk Tangki Air secara rutin,” katanya.

Untuk mencegah permasalahan yang sama pihaknya akan melakukan pembuatan sumur bor dengan kapasitas 20 liter per sekon (LPS), membangun terowongan kanal air baku serta menggenjot pembangunan reservoir Monang-Maning

“Semoga dengan itu, pelayanan Perumda Tirta Sewakadarma menjadi lebih baik dan maksimal kepada pelanggan,” katanya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved