Breaking News:

Berita Badung

Bila Pagu APB Desa Turun, Disebut Akan Pengaruhi Penghasilan Perbekel di Kabupaten Badung

Pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa di kabupaten Badung kabarnya banyak yang turun di tahun 2021.

(Tribun Jateng/Wid)
Ilustrasi uang. Bila Pagu APB Desa Turun, Disebut Akan Pengaruhi Penghasilan Perbekel di Kabupaten Badung 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Desa di kabupaten Badung kabarnya banyak yang turun di tahun 2021.

Jika itu benar terjadi akan berpengaruh pada  penghasilan perbekel dan staf desa.

Pasalnya jika keuangan tidak bisa mem-back up penghasilan tetap dan tunjangan, maka penghasilan dan tunjangan itu pun  bisa saja dikurangi sesuai dengan kesepakatan perangkat desa dan pihak terkait seperti Badan Pengawas Desa (BPD).

Kendati demikian penurunan pagu APB Desa ditengah pandemi covid-19 ini dibenarkan oleh Pj Perkebel Desa Taman, Abiansemal I B Wisnawa Kesuma.

Baca juga: Soal Tunjangan Perbekel di Badung yang Capai Belasan Juta Rupiah, Ngurah Gede: Masuk Kategori Besar

Menurutnya di tengah pandemi covid-19 ini, desa mengutamakan skala prioritas peruntukan dananya tersebut.

"Jika dilihat dari pagu anggaran tahun sebelumnya memang mengalami penurunan. Hal itu lantaran situasi pandemi covid-19 ini," jelasnya saat dikonfirmasi Senin 15 Februari 2021.

Ia pun mengakui jika keuangan desa kecil, atau APB Desa minim maka akan berpengaruh pada penghasilan dan tunjangan perbekel atau perangkat desa.

Hanya saja untuk di desa Taman sendiri, akunya, pagu anggaran tahun  sekarang sementara belum mempengaruhi Penghasilan Tetap (siltap) maupun tunjangan dikarenakan pagu anggaran masih mencukupi dalam penerimaan tersebut.

"Jadi untuk di desa taman belum berpengaruh, sehingga pihaknya memastikan perbekel dan staf desa tidak akan ada pengurangan penghasilan," bebernya.

Sesui APBDes induk tahun 2020 di Desa Taman, katanya sebesar Rp 16 Miliar lebih. Namun di perubahan dirubah menjadi  Rp 9 Miliar lebih.

Halaman
123
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved