Breaking News:

Berita Bali

Usai Jalani Masa Pidana di Rutan Bangli, WN Amerika Serikat Ini Langsung Dideportasi

Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melaksanakan kegiatan pendeportasian Warga Negara (WN) Amerika

istimewa kiriman Humas Kanwil Kemenkumham Bali
Proses pendeportasian MDP melalui Bandara Internasional Soekarno-hatta Cengkareng. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar melaksanakan kegiatan pendeportasian Warga Negara (WN) Amerika Serikat.

WNA itu adalah Marcus Dorian Price alias MDP (35) asal Texas Amerika Serikat ini sebelumnya telah mejalani masa pidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli yang divonis bersalah dengan perkara penganiayaan 351 KUHP dengan lama pidana 8 bulan.

Kegiatan pendeportasian diawali dengan penjemputan yang dilakukan oleh 4 orang petugas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar ke Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli pada tanggal 14 Februari pukul 10.00 WITA.

"MDP telah dideportasi ke negaranya melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta setelah melakukan proses registrasi dan pemeriksaan.

Baca juga: David James Taylor Pelaku Pembunuhan Aipda Wayan Sudarsa di Bali Langsung Dideportasi Malam Nanti

MDP telah melanggar Pasal 75 Ayat (1) Undang- undang Nomor : 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian," ujar Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, Selasa 16 Februari 2021.

Terkaitan dengan hal tersebut Pejabat Imigrasi berwenang melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian terhadap Orang Asing yang berada di Wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan.

"Kepada yang bersangkutan dikenakan Tindakan Adminsitratif Keimigrasian berupa Pendeportasian dan namanya dimasukkan dalam daftar Penangkalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat 2 huruf (a) dan (f) Undang-undang Nomor : 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian," jelasnya.

Pelaksanaan Pendeportasian dilakukan pada hari ini dengan menggunakan Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR703 dengan rute penerbangan Jakarta-DOHA dengan waktu keberangkatan pukul 18.30 WIB.

Dan dilanjutkan dengan penerbangan menggunakan Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR703 rute DOHA-John F. Kenedy International Airport pukul 01:45 WIB.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved