Breaking News:

Virus Corona

Peneliti Temukan Gabungan Dua Varian SARS-CoV-2 Memunculkan Jenis Virus Baru yang Mudah Bermutasi

Dua varian virus corona SARS-CoV-2 diduga telah bergabung dan membentuk virus gabungan atau hybrid yang sangat mudah bermutasi.

GETTY IMAGES via BBC INDONESIA
Varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris memiliki mutasi pada bagian receptor-binding domain. ini digunakan virus untuk menginfeksi sel tubuh manusia 

TRIBUN-BALI.COM - Dua varian virus corona SARS-CoV-2 diduga telah bergabung, kemudian membentuk virus gabungan atau hybrid yang sangat mudah bermutasi.

Melansir NewScientist, virus tersebut hasil rekombinasi dari varian B.1.1.7 yang ditemukan di Inggris dan varian B.1.429 yang berasal dari California, Amerika Serikat.

Virus ini diduga menjadi penyebab atas gelombang kasus yang terjadi baru-baru ini di Los Angeles, karena virus ini membawa mutasi yang resisten terhadap antibodi.

Rekombinan ini ditemukan oleh Bette Korber di Los Alamos National Laboratory di New Mexico, dan dikemukakannya pada pertemuan yang digelar oleh New York Academy of Sciences pada 2 Februari.

Baca juga: Jepang Temukan Lebih dari 90 Kasus Covid-19 Varian Baru, Varian Mutan Dikenal sebagai E484K

Ia melihat bukti yang cukup jelas dari database genom virus Amerika Serikat.

Kalau terkonfirmasi, rekombinan ini menjadi yang pertama terdeteksi pada pandemi ini.

Banyak mutasi

Tak seperti mutasi biasa di mana perubahan terakumulasi satu per satu, seperti varian B.1.17 yang muncul, rekombinan ini dapat menyatukan banyak mutasi sekaligus.

Menurut Francois Balloux dari University College London, rekombinasi ini menjadi evolusi yang penting dan dianggap banyak orang sebagai awal mula SARS-CoV-2.

Rekombinasi ini bisa menyebabkan munculnya varian baru yang mungkin lebih berbahaya, meskipun belum jelas seberapa besar ancaman bahaya dari rekombinasi varian virus tersebut.

Halaman
12
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved