Breaking News:

Berita Bali

Asyik, Generasi Muda di Bali Ikuti Kriyaloka “Pameton Pengrupak Ring Ental”

Kriyaloka (workshop) bertajuk “Pameton Pengrupak Ring Ental” di Gedung Kriya Art Center Denpasar, Minggu 21 Februari 2021, para generasi muda

Dokumentasi Pemprov Bali
Peserta mengikuti Kriyaloka (workshop) bertajuk “Pameton Pengrupak Ring Ental” di Gedung Kriya Art Center Denpasar, Minggu 21 Februari 2021 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di zaman global ini, generasi muda ternyata memiliki hobi dan ketertarikan dalam membuat prasi (menggambar di daun lontar).

 Lihat saja dalam Kriyaloka (workshop) bertajuk “Pameton Pengrupak Ring Ental” di Gedung Kriya Art Center Denpasar, Minggu 21 Februari 2021, para generasi muda betul-betul merasakan goresan pengrupak di atas daun ental (lontar).

Kriyaloka serangkaian dengan Bulan Bahasa Bali 2021 itu diikuti sebanyak 25 peserta yang berasal dari universitas, sekolah seni dan masyarakat umum.

Mereka dibimbing oleh I Gusti Agung Ngurah, S.Pd yang dipercaya sebagai narasumber.

Baca juga: Membaca Lontar Tutur Pajyut, Duta Badung Juara I Ngwacen Aksara Bali

Dalam kriyaloka itu para peserta diperkenalkan proses pembuatan dan pengolahan lontar dari baru memetik hingga lontar itu siap ditulisi.

Mula-mula memilih bahan utama berupa daun lontar, lalu proses perendaman dengan menggunakan alat ember, selanjutnya ada penepesan agar ngepres.

Selanjutnya adalah sistem pelobangan.

“Setelah semua proses itu dilalui, baru kemudian bisa dipakai sebagai media tulis dan benda,” kata Gusti Agung Ngurah.

Namun sebelum itu, mesti melakukan pemilihan awal untuk memastikan apakah daun lontar itu bisa dipakai untuk material sebagai tulis atau gambar.

 Semua itu dilakukan dengan melihat langsung dalam pohonnya. Kalau lontar belulang, daunnya agak kasar, mudah pecah, sehingga sudah pasti tidak bisa dipakai.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved