Breaking News:

NASA Rilis Foto-foto Terbaru Planet Mars Usai Pendaratan Perseverance

Badan antariksa Amerika Serikat NASA merilis sejumlah foto terbaru dari Mars.

Twitter @NASAPersevere
Tangkapan layar unggahan foto NASA tentang pendaratan di Mars 

TRIBUN-BALI.com - Badan antariksa Amerika Serikat NASA merilis sejumlah foto terbaru dari Mars yang berhasil ditangkap oleh wahananya bernama Perseverance yang baru saja berhasil mendarat di Planet Merah itu pada Kamis (18/2/2021).

Perseverence mendarat di Kawah Jezero di permukaan planet Mars.

Melalui akun Twitter @NASAPersevere, foto-foto itu diunggah.

Foto-foto yang dirilis memungkinkan manusia di Bumi melihat Mars melalui tangkapan kamera yang ada di tubuh Perseverance. Alat itu menangkap gambar mulai dari saat ia memasuki orbit Mars, turun ke permukaan, dan saat mendarat di Mars.

Foto pertama dikirim pada hari yang sama dengan hari pendaratan, namun foto itu hanya memiliki warna hitam dan putih dan menjadi tanda bahwa Perseverance telah mendarat dengan selamat di permukaan planet terdekat ke-4 dari Matahari itu.

Foto permukaan Mars

Kemudian di hari selanjutnya, ia mengirim sejumlah foto dengan kecenderungan berwarna merah, warna yang menjadi karakteristik dari planet itu. Dalam sebuah foto, terlihat debu menyembul dari permukaan Mars saat Perseverance hampir sempurna mendarat. kurang lebihi sekitar 1,9 meter di atas permukaan Mars.

Terlihat pula cakrawala yang luas, dengan batu-batuan kecil di permukaannya.

Batuan itu memiliki karakteristik berlubang-lubang sehingga membuat para peneliti penasaran, kondisi apa yang sesungguhnya melatarbelakanginya. Apakah aktivitas vulkanik di planet itu, atau aktivitas sedimentasi.

Kamera HiRISE Mars Reconnaissance Orbiter yang terbang di atas lokasi pendaratan juga berhasil menangkap momen saat Perseverance membuka parasut dan hampir mencapai permukaan Mars.

"Ini adalah sesuatu yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Sangat menakjubkan dan tim terpesona. Hanya ada perasaan kemenangan ternyata kami mampu menangkap momen ini dan membaginya dengan dunia," kata wakil pemimpin tim pendaratan Perseverance, Aaron Stehura, dikutip dari CNN, Jumat (19/2/2021).

Penelitian bertahun-tahun

Halaman
12
Editor: I Made Dwi Suputra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved