Breaking News:

Jusuf Kalla Buka Rahasia Dua Kali Jabat Wapres dan Berani Hadapi SBY di Pilpres 2009

Jusuf Kalla mengatakan, dirinya tidak pernah menawarkan diri untuk menjadi wakil presiden. JK menduduki jabatan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI.

KOMPAS.COM/RAKHMAT NUR HAKIM
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Jusuf Kalla mengatakan, dirinya tidak pernah menawarkan diri untuk menjadi wakil presiden RI selama dua periode. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Mantan wakil presiden ( Wapres) RI yang juga politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla buka rahasia dua kali menjadi orang nomor dua di negeri ini.

Tokoh yang karib disapa JK pun mengungakapkan alasannya berani berkompetisi mengahadapi Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) pada Pilpres 2009. Padahal saat itu JK menyadari sulit meraih kemenangan.

Jusuf Kalla mengatakan, dirinya tidak pernah menawarkan diri untuk menjadi wakil presiden. JK menduduki jabatan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI karena diminta.

Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla saat wawancara dalam program Beginu di kanal YouTube Kompas.com, Senin 22 Februari 2021.

Baca juga: Pengakuan Jusuf Kalla Soal Dukung Anies Baswedan Hingga Pernah Beda Pandangan Dengan Jokowi

Baca juga: Jusuf Kalla Bantah Bertemu Rizieq Shihab di Arab Saudi, Begini Bebernya

Baca juga: Politikus PAN Ini Sebut Jusuf Kalla Tak Akan Maju Lagi sebagai Calon Presiden

"Saya jadi Wakil Presiden dua kali tidak pernah meminta, saya tidak pernah menonjolkan diri, saya dua-duanya diminta," ujarnya.

Jusuf Kalla pertama menjabat Wakil Presiden mendampingi Presiden ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2004-2009.

Jabatan orang nomor dua di Indonesia kembali diembannya bersama Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Kerja periode 2014-2019.

Saat ikut Pilpres 2004, Jusuf Kalla mengaku tidak pernah menonjolkan diri agar dipinang menjadi calon wapres.

Dirinya justru didatangi SBY. SBY mmeminangnya sebagai pasangan calon wapres. Situasi yang sama terjadi pada Pilpres  2014.

Menurut Jusuf Kalla, saat itu Ketua Umum PDI Perjuangan ( PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta supaya Jokowi berpasangan berpasangan dengan dirinya.

Halaman
123
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved