Pesawat Mendarat Darurat Lagi, Boeing 777 Dilarang Terbang Seluruh Dunia

Pesawat Boeing itu mendarat darurat di Bandara Internasional Salt Lake Amerika Serikat karena kinerja mesin yang mencemaskan pilot.

Editor: DionDBPutra
dailymail.co.uk
Mesin pesawat Boeing 777-200 milik United Airlines terbakar saat terbang di udara. Insiden terbaru pesawat yang membawa 128 penumpang terpaksa mendarat di Utah setelah meninggalkan Atlanta sekira pukul 13.00 waktu setempat, Senin 22 Februari 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, ATLANTA - Masalah mesin terus mendera pesawat Boeing. Insiden terbaru pesawat yang membawa 128 penumpang terpaksa mendarat di Utah setelah meninggalkan Atlanta sekira pukul 13.00 waktu setempat, Senin 22 Februari 2021.

Melansir The Sun, pesawat Boeing milik Delta Airlines itu mendarat dengan selamat dan petugas pemadam kebakaran memberitahu petugas bahwa mesinnya terlihat utuh.

Delta Airlines menjelaskan, pesawat Boeing 757-200 dengan nomor penerbangan DL2123 itu berangkat dari Atlanta ke Seattle.

Pesawat mendarat darurat di Bandara Internasional Salt Lake karena kinerja mesin yang mencemaskan pilot.

Seperti dilaporkan Reuters, juru bicara Delta mengatakan pesawat itu dialihkan karena pilot sangat berhati-hati menyusul peringatan indikator menunjukkan kemungkinan masalah dengan salah satu mesinnya.

Baca juga: Kesaksian Penumpang di Detik-detik Pesawat Boeing 777 Berasap Hingga Puing-puing Berjatuhan

Baca juga: Jepang Larang Gunakan Pesawat Boeing 777 Bermesin Pratt & Whitney 4000

Pesawat mendarat selamat tanpa insiden dan diparkirkan ke hanggar tanpa bantuan. Pihak Delta sedang berupaya mengakomodasi kembali pelanggan pada penerbangan selanjutnya.

Seseorang yang mengetahui masalah itu mengatakan masalah itu tidak mirip dengan kerusakan mesin pada penerbangan Boeing 777-200 United Airlines.

Insiden itu terjadi setelah United Airlines mengatakan akan menghentikan pesawat 777 mereka setelah mesin terbakar di atas Denver pada Sabtu 20 Februari 2021.

Hari Minggu 21 Februari 2021, Administrasi Penerbangan Federal (FAA) merilis pernyataan mengenai kerusakan mesin pesawat penerbangan United Airlines.

FAA makan meningkatkan langkah-langkah untuk mencegah insiden seperti itu terjadi lagi.

"Setelah berkonsultasi dengan tim pakar keselamatan penerbangan saya tentang kegagalan mesin kemarin di atas pesawat Boeing 777 di Denver, saya telah mengarahkan mereka untuk mengeluarkan Petunjuk Kelayakan Udara Darurat, yang akan memerlukan inspeksi segera atau lebih lanjut dari pesawat Boeing 777 yang dilengkapi dengan Pratt & Mesin Whitney PW4000," kata Administrator FAA Scott Dickson.

Menurut dia, FAA meninjau semua data keamanan yang tersedia setelah insiden United Airlines.
Berdasarkan informasi awal, FAA menyimpulkan interval pemeriksaan harus ditingkatkan untuk bilah kipas yang unik untuk model mesin ini. Model itu hanya digunakan pada pesawat Boeing 777.

"FAA bekerja erat dengan otoritas penerbangan sipil lainnya untuk membuat informasi ini tersedia bagi operator yang terkena dampak di yurisdiksi mereka," lanjut administrator.

Dickson mengatakan pakar keselamatan penerbangan FAA sudah bertemu dengan Pratt & Whitney dan Boeing.

Baca juga: Pesawat Militer Nigeria dan Meksiko Jatuh, Tak Seorangpun Penumpang Selamat

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved