Breaking News:

Cara Mengurus Sertifikat Tanah, Dokumen yang Harus Dilengkapi dan Lama Proses Pembuatannya di BPN

Jika Anda ingin mengurus pembuatan sertifikat tanah ada baiknya untuk mempersiapkan data dan dokumen apa saja yang mesti disiapkan.

NET
Ilustrasi sertifikat tanah 

TRIBUN-BALI.COM – Bagi masyarakat awam, mengurus pembuatan sertifikat tanah banyak yang belum mengetahui informasi detailnya.

Jika Anda ingin mengurus pembuatan sertifikat tanah ada baiknya untuk mempersiapkan data dan dokumen apa saja yang mesti disiapkan.

Nah untuk memudahkan Anda mengurus sertifikat tanah pada sebidang tanah yang pada ujungnya memiliki kekuatan hukum berikut ulasan selengkapnya. 

Sejumlah warga mendapatkan sertifikat tanah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat acara penyerahan sertifikat tanah di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/10/1017). Jokowi menyerahkan 10.100 sertifikat tanah kepada warga Tangerang Raya.
Sejumlah warga mendapatkan sertifikat tanah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat acara penyerahan sertifikat tanah di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/10/1017). Jokowi menyerahkan 10.100 sertifikat tanah kepada warga Tangerang Raya. ((KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI)

Baca juga: Prosedur Membuat dan Mengganti Sertifikat Tanah Elektronik

Baca juga: Ini Prosedur Terbaru dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah di BPN, Anda Perlu Tahu

Bidang tanah perlu disertifikat agar memiliki kekuatan hukum sehingga bisa menghindarkan dari masalah seperti sengketa lahan. 

Tahapan pengurusan tanah lazimnya dilakukan dalam dua tahapan, yakni pertama melalui notaris dan kedua mengurusnya di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat sesuai dengan lokasi tanah berada.

Lalu berapa lama pembuatan sertikat tanah di BPN, termasuk berapa lama proses pembuatan sertifikat tanah di notaris apabila dilakukan melalui jasa kantor PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah?

Ilustrasi sertifikat tanah
Ilustrasi sertifikat tanah (NET)

Baca juga: Mulai Tahun Ini BPN Tarik Semua Sertifikat Tanah Asli Milik Masyarakat, Penggantinya Lebih Praktis

Baca juga: Dino Patti Djalal Ungkap Keanehan dalam Kasus Sertifikat Tanah Milik Orangtuanya, Ada yang Bermain?

Lama pembuatan sertifikat tanah di BPN Dikutip dari laman resmi Indonesia.go.id, Rabu (24/2/2021), di kantor BPN, pemilik tanah harus mengurus formulir pengajuan pendaftaran sertifikat tanah.

Pemilik tanah atau yang mewakilinya akan mendapatkan map dengan warna biru dan kuning.

Saat proses pendaftaran di kantor BPN, buatlah janji dengan petugas untuk mengukur tanah.

Beberapa dokumen yang dilampirkan selama proses pendaftaran sertifikat tanah di kantor BPN adalah Akta Jual Beli Tanah ( AJB), KTP dan fotocopy, KK dan fotocopy, serta fotocopy girik (jika ada).

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved