Breaking News:

Berita Klungkung

Tingkatkan Skill Kuliner Saat Pandemi, Anggota Komisi IX DPR RI Resmikan Gedung BLK di Klungkung

Gedung BLK (Balai Latihan Kerja) Komunitas Mandala Widya Ganapathi di Dusun Pundukdawa, Desa Pesinggahan Klungkung diresmikan, Jumat 26 Februari 2021.

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Gedung BLK (Balai Latihan Kerja) Komunitas Mandala Widya Ganapathi di Dusun Pundukdawa, Desa Pesinggahan Klungkung diresmikan, Jumat 26 Februari 2021 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG -  Gedung BLK (Balai Latihan Kerja) Komunitas Mandala Widya Ganapathi di Dusun Pundukdawa, Desa Pesinggahan Klungkung diresmikan, Jumat 26 Februari 2021.

BLK yang dibangun Kementrian Tenaga Kerja tersebut, ke depan akan difokuskan untuk pelatihan kerja di bidang kuliner/tata boga. 

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana, Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Wayan Sumarta, dan Kepala Kesbangpol Klungkung I Gede Kusuma Jaya. 

Baca juga: Klungkung Dapat 2.600 Dosis Vaksin Pada Sasaran Kedua, Prioritas Nakes yang Belum Dapat Vaksin

Baca juga: Vaksinasi Tahap Kedua Sempat Tertunda, Klungkung Dapat Tambahan Vaksin 260 Dosis

Baca juga: Indeks Pencegahan Korupsi di Klungkung Capai 90,24 persen, Bupati Suwirta: Jangan Berpuas Diri

"Dalam suasana pandemi seperti saat ini, kami tidak bisa hanya diam. Perlu adanya pelatihan masyarakat untuk mengembangkan ketrampilan mereka, dan ini yang difasilitasi di BLK ini," ujar Ketut Kariyasa yang memfasilitasi pembangunan BLK tersebut. 

Ia menjelaskan, tahun ini ada setidaknya 8 BLK Komunitas yang dibangun di Bali oleh Kementrian Tenaga Kerja dan bergerak di berbagai bidang seperti kuliner, IT, salon kecantikan dan lainnya.

Pihaknya pun berharap keberadaan BLK tersebut, dapat bermanfaat untuk masyarakat di tengah pandemi seperti saat ini. 

Baca juga: Perkuat Desa Adat, Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung MDA Kabupaten Klungkung

Baca juga: Warga Tangkas Klungkung Pertanyakan Potongan 18% Pembebasan Lahan, BPN:Sudah Jadi Aliran Sungai Baru

" Apalagi kondisi pandemi saat ini, banyak pekerja dirumahkan atau di PHK. Mereka lalu bergerak di bidang kuliner. Dengan berlatih di BLK ini, tentu dapat meningkatkan kualitas dan skill mereka," jelasnya. 

Nanti ke depannya, bagaimana keberadaan BLK inj juga  dikolaborasikan dengan Dinas Tenaga Kerja terkait sertifikasi maupun infastruktur tambahannya. 

" BLK ini sifatnya terbuka, siapa saja bisa berlatih disini. Nanti warga bisa berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja. Karena masih pandemi, tentu nanti kapasitasnya juga akan diatur," ungkap anggota DPR RI asal Buleleng tersebut. 

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Wayan Sumarta menjelaskan, dirinya berharal dengan pendirian BLK tersebut dapat meningkatkan kompetensi warga, serta dapat mencetak SDM yang meniliki daya saing. 

" Saat ini BLK ini kan baru satu kejuruan, semoga bisa dikembangkan lagi kedepannya. Dalam kurun waktu 3 tahun ini, harus dilakukan sertifikasi juga,"ungkapnya. 

Sementara di Klungkung saat ini juga sedang mengupayakan pendirian pusat pelatihan pemerdayaan. 

" Mudah-mudahan tahun ini bisa dilakukan. Nanti sesuai inovasi bupati, arahnya juga ke Yowana Kreatif Center yang memberikan wadah kepada pemuda, untuk meningkatkan kemampuannua diberbagai bidang,"jelasnya. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved