Breaking News:

IMB Tidak Diperlukan Lagi, Pemilik Bangunan Wajib Tahu PBG Penggantinya

Sudah tahukah kamu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah dihapus pemerintah? pengurusan izinnya digantikan dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Ilustrasi proyek pembangunan. Kini untuk izin membangun bukan lagi IMB yang diperlukan. Ketika akan membangun rumah atau gedung, pengurusan izinnya digantikan dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). 

TRIBUN-BALI.COM – Sudah tahukah kamu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah dihapus pemerintah?

Kini untuk izin membangun bukan lagi IMB yang diperlukan.

Ketika akan membangun rumah atau gedung, pengurusan izinnya digantikan dengan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Kamu perlu tahu apa itu PBG yang kini menggantikan IMB.

Jangan sampai ketinggalan informasinya, apa itu PBG?

Definisi dan prosedur pengurusan PBG adalah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Menurut PP teranyar tersebut, PBG artinya perizinan yang diberikan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung.

Baca juga: Ini Prosedur Terbaru dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah di BPN, Anda Perlu Tahu

Sebagai informasi, PP Nomor 16 Tahun 2021 ini merupakan regulasi turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja atau UU Cipta Kerja, terutama di Pasal 24 dan Pasal 185 huruf b.

Dengan keluarnya aturan terbaru, otomatis merevisi aturan lama soal pendirian bangunan yang diatur dalam PP Nomor 36 Tahun 2005 tentang IMB.

Berbeda dengan IMB yang merupakan izin yang harus diperoleh pemilik bangunan sebelum atau saat mendirikan bangunan di mana teknis bangunan harus dilampirkan saat mengajukan permohonan izin, PBG lebih bersifat sebagai aturan perizinan yang mengatur soal bagaimana bangunan harus dibangun.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved