Breaking News:

Berita Bangli

Tingkatkan Promosi Desa Wisata, BPPD Bangli Gelar Pelatihan Jurnalistik Warga

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bangli mendorong peningkatan kualitas promosi pariwisata desa dengan keterlibatan masyarakat lokal

Dok. BPPD Bangli
Tingkatkan Promosi Wisata, BPPD Bangli Gelar Pelatihan Jurnalistik Warga 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bangli mendorong peningkatan kualitas promosi pariwisata desa dengan keterlibatan masyarakat lokal.

Peningkatan keterampilan Jurnalistik warga diyakini  mampu mendukung kreasi konten promosi wisata yang lebih berkualitas dan mengena di hati wisatawan.

Upaya tersebut dirintis dengan menggelar kelas jurnalisme warga (KJW) bekerjasama dengan tim Bale Bengong pada 27-28 Februari di Desa Mengani, Kintamani, Bangli.

Anggota BPPD Bangli I Made Sarjana, SP.,M.Sc mengungkapkan hal itu Senin 1 Maret 2021 kemarin pelatihan diikuti 15 orang masyarakat setempat.

Baca juga: Hujan Sehari, Empat Desa di Bangli Bali Dilanda Pohon Tumbang dan Tanah Longsor

 "Outcome pelatihan ini, peserta yang lulus tahu cara menyampaikan informasi tentang potensi desanya baik dalam tulisan maupun video," kata dosen Fakultas Pertanian Unud itu.

Peneliti pada Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana ini menjelaskan di masa pandemi telah berkembang model baru orang berwisata dengan memilih tempat-tempat wisata yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Wisata pedesaan, katanya, menjadi pilihan utama sehingga perlu pengenalan destinasi wisata baru yang unik.

Mengungkapkan keunikan suatu desa, tegasnya, dapat dilakukan oleh warga setempat karena mereka yang tahu secara detail wilayah desa bersangkutan.

Masalahnya, kata Made Sarjana, di satu desa belum tentu ada warga yang mampu menyampaikan informasi secara baik sehingga KJW menjadi penting.

"Ini kegiatan rintisan, kami mencoba di desa yang jauh dari kota untuk melihat seberapa antusias warga kalau diajak mengenal jurnalistik.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved