Breaking News:

AS Mulai Ketar-ketir dan Peringatkan Dunia Soal Ancaman China yang Agresif

Negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping tersebut semakin nyaman memperluas kekuatan militernya, jauh melampaui negaranya.

SCMP / XINHUA via KOMPAS.COM
Presiden China Xi Jinping saat melakukan inspeksi pasukan sebelum digelarnya parade perayaan 70 tahun Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat, di Qingdao, Provinsi Shandong, Selasa 23 April 2019. 

TRIBUN-BALI.COM, WASHINGTON DC - Amerika Serikat ( AS) mulai ketar-ketir menghadapi dominasi China yang semakin nyata belakangan ini.

Seorang pejabat tinggi dalam pemerintahan Joe Biden tersebut memperingatkan negara-negara di seluruh dunia tidak bisa lagi menghindari dominasi China yang semakin ambisius dan agresif.

VOA Indonesia pada Rabu 3 Maret 2021 melaporkan, para pejabat AS mengatakan negara yang dipimpin Presiden Xi Jinping tersebut semakin nyaman memperluas kekuatan militernya, jauh melampaui negaranya.

Baca juga: Joe Biden Melawan China Pakai Senjata Super Canggih Ini, Bukan Rudal atau Militer

Baca juga: Kemenhan China Konfirmasi Bentrok Tentara China dan India Tahun Lalu, 4 Tewas dan Berikut Videonya

"Kita sudah merasakan apa artinya dipimpin China atau sangat dipengaruhi oleh China," kata Laksamana Muda Michael Studeman, Direktur Intelijen Untuk Komando Indo-Pasifik AS, dalam konferensi virtual, Selasa 2 Maret 2021.

"Kita akan menyaksikan semakin mendunianya ekspedisi militer China yang akan turun tangan di mana saja, jika mereka menganggap kepentingannya terancam," ujar Studeman.

"Di mana pun di seluruh dunia, jika China merasa kepentingan pembangunannya terancam, maka kita akan menyaksikan China akhirnya akan mengirimkan semakin banyak tentara PLA ( Tentara Pembebasan Rakyat ) dan lebih sering," katanya.

Studeman bukanlah pejabat militer Amerika Serikat pertama yang memperingatkan tentang ancaman dari China.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berulang kali menyebut China sebagai ancaman bertahap bagi Pentagon.

Pejabat Komando Pusat AS itu juga telah memperingatkan tentang bagaimana China berupaya semakin menanamkan pengaruhnya di Timur Tengah.

Komando Selatan Amerika telah menyampaikan keprihatinan tentang aktivitas China di Amerika Tengah dan Selatan.

Halaman
1234
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved