Breaking News:

Berita Tabanan

Seniman di Tabanan Bali Belum Berani Berlatih, Tunggu Petunjuk Pelaksanaan PKB 2021

"Untuk PKB masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari provinsi. Yang jelas surat dari Pak Gubernur bahwa PKB akan dilaksanakan secara luring dan daring

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Suasana pagelaran PKB Kabupaten Tabanan di areal Garuda Wisnu Serasi (GWS) Taman Kota Tabanan, Minggu (3/6/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Dinas Kebudayaan Tabanan telah memperoleh informasi untuk pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) disepakati digelar secara virtual maupun luring.

Hanya saja, untuk pelaksanannya tersebut, para seniman butuh proses mulai dari persiapan hingga latihan.

Terlebih lagi, Tabanan sudah bersiap untuk melaksanalan 20 materi PKB.

Namun disisi lain, Pemprov Bali masih belum memberikan rekomendasi untuk pelaksanaannya di lapangan karena ditakutkan para seniman akan memeproleh kritikan 'pedas' oleh masyarakat di tengah kebijakan pemerintah Provinsi Bali yang membatasi kegiatan di masyarakat.

"Untuk PKB masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari provinsi. Yang jelas surat dari Pak Gubernur bahwa PKB akan dilaksanakan secara luring dan daring," kata Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan, I Gusti Ngurah Supanji, Rabu 3 Maret 2021. 

Suapnji melanjutlan, untuk materi petunjuk pelaksanaannya secara teknis belum datang, sehingga belum bisa menindaklanjutinya.

Baca juga: Disbud Tabanan Tunggu Rekomendasi Proses Latihan Persiapan PKB Dari Gubernur Bali

Baca juga: Disbud Tabanan Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Untuk PKB Meskipun Belum Ada Kepastian Pelaksanaan

Termasuk juga karena petunjuk pelaksanaannya belum ada, praktis saat ini yang menjadi salah satu kendala adalah proses persiapannya di lapangan. 

"Ya salah satu kendala adalah proses persiapan. Karena sekehe (seniman) masih terkendala untuk mengumpulkan orang saat berlatih misalnya," ungkapnya. 

"Tapi paling tidak surat Pak Gubernur ini menegaskan bahwa PKB tetap dilaksanakan. Namun petunjuk lebih lanjut masih kita tunggu," tegasnya. 

Disinggung mengenai apakah cukup waktu untuk proses persiapannya nanti, mengingat hanya menyisakan beberapa bulan saja sebelum PKB?

Halaman
123
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved