Breaking News:

Waspadai Gejala Covid-19 Jenis Baru Atau B117, Sudah Masuk di Indonesia Dan Disebut Kasus Impor

Kenali gejala Virus Corona jenis baru B117, tanda-tanda infeksi virus ganas Covid-19 asal Inggris tersebut mungkin Anda sedang alami.

Editor: Eviera Paramita Sandi
Pixabay
Ilustrasi covid-19. 

TRIBUN-BALI.COM - Virus Corona jenis baru atau B117 sudah masuk ke Indonesia. Anda perlu waspada akan gejalanya.

Virus Corona jenis ini awalnya ditemukan di Inggris dan disebut lebih mudah menular. 

Setelah masuknya virus Covid-19 yang telah bermutasi ini, Adan perlu melakukan peningkatan kewaspadaan. 

Kenali gejala Virus Corona jenis baru B117, tanda-tanda infeksi virus ganas Covid-19 asal Inggris tersebut mungkin Anda sedang alami.

Baca juga: Pemerintah Umumkan 2 Kasus Mutasi Covid-19 dari Inggris Sudah Masuk Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan jenis baru Virus Corona tersebut bertepatan setahun pandemi Covid-19 di Indonesia.

Virus corona jenis baru ini disebutkan memiliki daya infeksi yang lebih kuat dibanding jenis aslinya.

Dikutip dari laman Prevention Selasa (2/3/2021), dalam laporan bulan Januari, para peneliti dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memperingatkan bahwa B117 dapat menjadi jenis virus SARS-CoV-2 yang dominan.

Sementara laporan dari Inggris sebagai tempat pertama ditemukan mutasi baru ini disampaikan ada kemungkinan bahwa infeksi B117 dapat peningkatan risiko kematian lebih jika dibandingkan dengan jenis virus lainnya.

“Datanya belum keluar secara resmi, tetapi melihat data awal yang telah dianalisis oleh para ilmuwan Inggris, saya cukup yakin bahwa ada peningkatan keseriusan infeksi yang sebenarnya, yang benar-benar harus kita awasi," ujar Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Anthony Fauci, MD.

Penelitian dan pengkajian terhadap jenis virus corona baru ini terus dilakukan.

Asisten profesor kedokteran penyakit menular di Baylor College of Medicine di Houston, Prathit Kulkarni, MD mengatakan gejala yang ditunjukan hampir sama dengan gejala Covid-19 yang ada selama ini.

Seseorang harus tetap memperhatikan tanda-tanda Covid-19 yang paling umum yakni demam, menggigil, sesak napas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau penciuman, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau meler, mual atau muntah, maupun diare.

Corona B117 disebut kasus impor

Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio menyebut, dua kasus temuan mutasi Sars-Cov2 baru atau B117 yang masuk ke Indonesia merupakan kasus impor.

Kasus tersebut, ujar Amin, ditemukan beberapa minggu lalu.

"Bahwa kasusnya itu sebenarnya kasus impor yang datang di Indonesia, dan datangnya bukan tadi malam. Datangnya beberapa minggu yang lalu. Karena berbagai prosedur akhirnya baru terdeteksi ada dua kasus," ujar Amin dalam diskusi virtual, Selasa (2/3/2021).

Ia melanjutkan, setelah diketahui ada kasus tersebut pihaknya bersama lembaga terkait segera memperkuat identifikasi mutasi virus corona baru.

"Memang sejak beberapa minggu lalu kami, Kemenristek, dan Litbangkes Kemenkes sudah membentuk satu tim untuk memperkuat dan mencari varian yang baru, memcari mutan baru, baik dari Inggris maupun lainnya," ungkap dia.

Amin menerangkan, dengan temuan strain baru virus corona ini memiliki dampak pada tes swab PCR yang ada kini kurang sensitif.

"Mutasi itu bisa berubah struktur molekulnya, sehingga mungkin menyebabkan diagnostik atau PCR itu kurang sensitif, karena yang dicari gen tertentu. Nah, kalau gen nya berubah karena mutasi maka kit yang tersedia sekarang itu belum mengenal," jelasnya.

Ke depan ia mengatakan, pemerintah akan terus memperketat arus masuk ke Indonesia bagi pendatang dari luar negeri termasuk WNI.

"Kemampuan medeteksi itu tidak hanya di laboratorium saja tapi kemampuan mendapatkan sample. Melakukan skrining termasuk mereka yang berdatangan dari negara lain yang ada virusnya. Itu menjadi perhatian kami," ungkap Amin. (*)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul GEJALA BARU COVID-19 Jenis B117, Waspada Muncul 2 Kasus di Indonesia,Mutasi Virus Seperti di Inggris

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved