Breaking News:

Perekonomian Digital Indonesia Duduki Peringkat Pertama, Luhut Sebut Lampaui Singapura dan Malaysia

Perekonomian digital Indonesia duduki peringkat pertama versi data dari Global Startup Ecosystem Report tahun 2020.

Dok. Istimewa
Kampus desain dan bisnis pertama dan satu-satunya di Indonesia Timur, kini secara resmi menjadi Tempat Uji Kompetensi Teknologi Digital di Bali. 

TRIBUN BALI. COM, JAKARTA- Perekonomian digital Indonesia duduki peringkat pertama versi data Global Startup Ecosystem Report tahun 2020  bahwa Indonesia telah berhasil menempati peringkat pertama jika dilihat dari aspek nilai ekosistem digital saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan perkembangan ini melampaui beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura dan Malaysia

Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tumbuh signifikan dan mengalahkan beberapa negara.

Menurutnya, secara keseluruhan bahwa ekonomi digital Indonesia di kawasan Asia Tenggara mencatatkan gross merchandise value sebesar lima persen dengan nilai 105 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 1.507 triliun.

"Ekonomi digital Indonesia, tentunya masih bisa berkembang dengan akselerasi terhadap ekosistem digital untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," kata Luhut dalam konferensi pers digital Bukalapak, Senin 8 Maret 2021 dilansir Tribunews.

Ia juga menjelaskan, menurut data dari Global Startup Ecosystem Report tahun 2020  bahwa Indonesia telah berhasil menempati peringkat pertama jika dilihat dari aspek nilai ekosistem digital saat ini.

Nilai ekosistem startup ini tercatat mencapai 2,63 miliar dolar AS, dengan nilai pendanaan tahap awal sebesar 849,5 juta dolar AS. Ini membuat Indonesia menempati peringkat kedua dari top 100 emerging ecosystem," ujar Luhut.

Luhut juga menyinggung, bahwa pencapaian pertumbuhan ekonomi digital Indonesia ini tidak terlepas dari peran berbagai pengembang startup.

Peran startup, lanjut Luhut, dalam mengupayakan para pelaku UMKM agar go digital sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"Maka dari itu saya berharap, kerjasama Bukalapak dengan Microsoft dalam mengakselerasi para pelaku UMKM untuk go digital dapat mendongkrak daya saing pelaku bisnis UMKM nasional," ucap Luhut.
(*)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved