Breaking News:

Berita Jembrana

Hilirisasi Serta Digitalisasi, Upaya Pengendalian Inflasi & Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jembrana

Bertempat di Ruang Rapat Lantai 3, Kantor Bupati Jembrana, Bali, telah berlangsung HLM TPID Kabupaten Jembrana

Istimewa
Bertempat di Ruang Rapat Lantai 3, Kantor Bupati Jembrana telah berlangsung High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jembrana, yang dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho, serta diikuti oleh seluruh anggota TPID Kabupaten Jembrana - Hilirisasi Serta Digitalisasi, Upaya Pengendalian Inflasi & Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jembrana 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Bertempat di Ruang Rapat Lantai 3, Kantor Bupati Jembrana, Bali, telah berlangsung High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jembrana.

Rapat yang digelar pada beberapa waktu lalu tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho, serta diikuti oleh seluruh anggota TPID Kabupaten Jembrana.

Dalam sambutannya, I Nengah Tamba menyebut bahwa memasuki awal tahun 2021 di mana curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan bencana banjir di beberapa kota dan daerah yang mengganggu tingkat produksi dan distribusi dari daerah pemasok menuju daerah yang dipasok.

I Nengah Tamba juga mengimbau kepada seluruh unsur TPID Kabupaten Jembrana agar dapat mengambil langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi permasalahan tersebut karena pada bulan Maret akan terdapat perayaan hari besar keagamaan, yaitu Hari Raya Nyepi dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW serta Hari Raya Galungan dan Kuningan pada bulan April yang akan datang.

Baca juga: Februari 2021, Denpasar Alami Deflasi Sedalam 0,20 Persen, Singaraja Inflasi Setinggi 0,22 Persen

Baca juga: Setelah 4 Bulan Berturut Alami Deflasi, Bali Alami Inflasi Sebesar 0,68 persen pada Desember 2020

Baca juga: Ekonomi Terpuruk, Bupati Gianyar Manfaatkan Kemitraan Dengan Swasta Untuk Bantu Warga

Diharapkan dengan langkah antisipasi yang tepat, dapat menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Jembrana.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengapresiasi kehadiran Bupati Jembrana selaku pemimpin rapat HLM hari ini.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Kementerian Koordinator Perekonomian selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di mana kehadiran Bupati atau Wakil Bupati dalam rapat TPID sebagai wujud komitmen Kepala Daerah atas pelaksanaan program pengendalian inflasi di daerah serta akan mendapat penilaian yang tinggi pada aspek proses dalam penilaian TPID Award.

"Pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan IV 2020 tumbuh -12,21 persen (yoy), sedikit membaik dibanding triwulan III 2020 yang mencapai -12,32 persen (yoy). Sementara itu, kinerja ekonomi Jembrana di tahun 2020 tercatat tumbuh sebesar -4,96 persen (yoy), mengalami perlambatan dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada tahun sebelumnya yang sebesar 5,56 persen (yoy)," ujar Trisno Nugroho, Rabu 10 Maret 2021.

Sementara, dari segi lapangan usaha utama perekonomian Jembrana adalah pada sektor pertanian 21,81 persen, transportasi 14,42 persen dan Akmamin 12,27 persen.

Halaman
123
Penulis: Karsiani Putri
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved