Breaking News:

Berita Bali

Diduga Gelapkan & Cuci Uang Perusahaan Rp 11 M, Pakai Beli Tanah dan Mobil, Novita Jalani Pelimpahan

Novita diduga menggelapkan, dan mencuci uang perusahaan sebesar Rp 11 miliar, saat menjabat sebagai General Chasier di PT Klapa New Kuta Beach

KOMPAS.com
ilustrasi penggelapan dana dan pencucian uang 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Penyidik kepolisian dari Ditreskrimsus Polda Bali melimpahkan tersangka Novita Liana Fisanda Nia (39) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar. 

Perempuan kelahiran Bondowoso, Jawa Timur, ini menjalani pelimpahan sebagai tersangka tindak pidana penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Novita diduga menggelapkan, dan mencuci uang perusahaan sebesar Rp 11 miliar, saat menjabat sebagai General Chasier di PT Klapa New Kuta Beach dari tahun 2016 sampai 2018.

Uang itu digunakan untuk membeli tanah, rumah, dan beberapa unit mobil. 

Kepala seksi pidana umum (Kasi Pidum) Kejari Denpasar, I Wayan Eka Widanta membenarkan, tersangka Novita telah dilimpahkan.

"Tersangka atas nama Novita Liana Fisanda Nia sudah dilimpahkan dan sudah kami terima. Pelimpahannya dilakukan secara daring. Yang bersangkutan diduga melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan dan TPPU," terangnya saat dikonfirmasi, Jumat 19 Maret 2021.

Setelah dilakukan pelimpahan dikatakannya, tersangka ini akan menjalani penahanan oleh jaksa selama 20 hari kedepan.

"Penahanan terhadap tersangka dilakukan selama 20 hari kedepan. Setelah dakwaan lengkap, segera akan kami lakukan pelimpahan ke pengadilan untuk selanjutkan dilakukan persidangan," jelas Eka Widanta.

Baca JUga: Pemkab Buleleng Serahkan Penyelidikan Dugaan Korupsi Rumah Dinas Mantan Sekda ke Kejati Bali 

Terkait dakwaan, tersangka Novita disangkakan melanggar Pasal 374 KUHP jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Dan Pasal 3 Undang-Undang No.8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. 

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Komang Agus Ruspawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved