Breaking News:

Joe Biden Bangga Menteri Luar Negerinya Cekcok dengan China, Ketegangan Kedua Negara Meningkat

Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama antara pejabat AS dan China sejak Presiden Joe Biden menjabat 20 Januari 2021.

Editor: DionDBPutra
The Straits Times and CNN Youtube
Perwakilan AS dan China saling menyindir dalam pertemuan antar dua negara di Alaska. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden bangga Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken berani cekcok denga pejabat China di Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) Anchorage.

"Saya sangat bangga dengan menteri luar negeri," kata Presiden Joe Biden kepada wartawan saat akan bertolak ke Atlanta, dikutip dari Insider Jumat 19 Maret 2021.

Pejabat tinggi kedua negara itu saling tuding pada awal pembicaraan mereka hari Kamis 18 Maret 2021.

Ini merupakan pertemuan tatap muka pertama antara pejabat AS dan China sejak Presiden Joe Biden menjabat 20 Januari 2021.

Sebelumnya, pada hari yang sama saat KTT Anchorage berlangsung, Presiden Biden bercerita soal keakrabannya dengan Presiden China Xi Jinping.

Baca juga: Joe Biden Melawan China Pakai Senjata Super Canggih Ini, Bukan Rudal atau Militer

Baca juga: Korea Utara Tak Pernah Menanggapi Telepon dari Pemerintahan Joe Biden

Joe Biden tidak mengakui serangan China yang sangat keras dan malah melontarkan refleksi tentang hubungannya dengan Xi selama perjalanan ke Atlanta.

"Saya bersama Xi Jinping dari China, menghabiskan lebih banyak waktu dengannya, saya diberitahu daripada pemimpin dunia mana pun karena dia adalah wakil presiden, saya adalah wakil presiden. Presidennya dan presiden saya ingin kami saling mengenal karena jelas dia akan menjadi presiden," kata Biden kepada staf di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

"Tapi selain bercanda, dia bertanya kepada saya tepat di Dataran Tinggi Tibet, dia bertanya kepada saya, 'Bisakah Anda mendefinisikan Amerika untuk saya?' Saya berkata, 'Ya, satu kata. Dan saya serius. Satu kata: possibilities'," kata Biden, dikutip dari New York Post.

Di forum KTT, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken membuka diskusi dengan menyebut AS khawatir soal aktivitas China yang semakin agresif baik di dalam maupun luar negeri.

Blinken mengutip kekhawatiran tentang pelanggaran HAM di Xinjiang, serangan terhadap demokrasi di Hong Kong, agresi terhadap Taiwan, serangan siber di AS, dan pemaksaan ekonomi terhadap sekutu Amerika.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved