Breaking News:

Berita Tabanan

Pelanggar Didenda Dobel, Banjar Sanggulan Tabanan Ditunjuk Jadi Kampung Tertib Lalu Lintas

Polres Tabanan dalam hal ini Satlantas meresmikan Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali sebagai kampung tertib lalu

Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Suasana ruas jalan umum di Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali, yang ditunjuk sebagai kampung tertib lalulintas, Senin 22 Maret 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Polres Tabanan dalam hal ini Satlantas meresmikan Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali sebagai kampung tertib lalu lintas, Senin 22 Maret 2021.

Program ini merupakan program nasional dari Korlantas Mabes Polri yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Menariknya, bagi warga yang kedapatan melanggar di kampung tertib lalu lintas akan dikenakan tilang (tindak langsung) 2 kali lipat.

"Sesuai dengan berbagai pertimbangan, Banjar Sanggulan ditunjuk sebagai kampung tertib lalu lintas komitmen, kerelaan, dan kemauan masyarakatnya untuk berbenah dan mendukung adanya kampung tertib lalu lintas," kata Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P. S. Siregar usai acara, Senin 22 Maret 2021.

Baca juga: Kisah Empat Orang Pendaki Tersesat di Gunung Sang Hyang Tabanan Bali

Baca juga: Zona Merah, Tabanan Belum Terapkan PTM, Disdik Tabanan Segera Gelar Workshop Pembelajaran Jarak Jauh

Baca juga: Pengiritan Biaya Pakan Kera Dilakukan Saat Pandemi di Alas Kedaton Tabanan, Beri Pakan Sekali Sehari

Dia menjelaskan, kampung tertib lalu lintas dibuat tujuannya untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat untuk mengenal sejak dini tertib lalu lintas sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat agar ke depannya tidak lagi melanggar rambu - rambu lalu lintas karena ini kaitannya dengan mencegah angka kecelakaan di Tabanan.

"Jadi kesadaran yang kita gugah, bagaimana caranya membuat masyarakat agar tidak membawa helm seperti tidak membawa HP," tegasnya. 

Kemudian, bagi masyarakat yang kedapatan melanggar di wilayah ini akan dikenakan tilang dua kali lipat.

Baik itu tilang tidak membawa helm, dan melakukan pelanggaran lain yang berkaitan dengan lalu lintas.

Baca juga: Bupati Sanjaya Ingin Barista Kopi Tabanan Bali Semakin Terampil dan Profesional

Baca juga: Tunggakan Iuran BPJS Ketenagakerjaan di Tabanan Capai Rp 3,6 M, Tercatat 380 Perusahaan Belum Bayar

"Tapi di sini perlu ditekankan, penindakan ini adalah upaya kedua, kita lebih upayakan untuk melakukan tindakan pencegahan dulu dan menggelorakan kesadaran masyarakat," jelasnya. 

Menurut Kapolres, Banjar Sanggulan ini merupakan wilayah pertama yang diharapkan akan menularkan ke daerah lainnya juga, mengingat program ini berlaku secara nasional. 

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved