Breaking News:

Berita Denpasar

Pekerja WNA di Zona Hijau Sanur Bali Disuntikkan Vaksin Covid-19

Pekerja Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Zona Hijau Denpasar yaitu, Sanur sudah mulai disuntikkan vaksin Covid-19.

ist
Vaksinasi Covid-19 pada Pekerja WNA di Sanur, Kamis (25 Maret 2021) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Pekerja Warga Negara Asing (WNA) yang berada di Zona Hijau Denpasar yaitu, Sanur sudah mulai disuntikkan vaksin Covid-19.

Para pekerja tersebut merupakan ekspatriat yang bekerja di Sanur. 

Ketika dikonfirmasi, I Made Sudana selaku Kepala Desa Sanur Kaja mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk Pekerja WNA tersebut merupakan kebijakan dari Dinkes Provinsi Bali. 

"Kegiatan ini merupakan kebijakan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Bapak Suarjaya. Untuk membijaksanai bagi yang mempunyai KITAS dan sudah tinggal di Sanur dan kerja di Sanur dipersilakan. Yang penting dia itu bekerja dan indentitasnya itu beralamat di Sanur," ungkapnya pada, Jumat (26 Maret 2021). 

Lebih lanjutnya ia menjelaskan, bahwa WNA yang merupakan ekspatriat bekerja di wilayah Sanur sudah banyak yang meminta untuk divaksinasi Covid-19.

Target 3 April Tuntas Vaksin Dosis Pertama, Denpasar Tambah 11 Posko Vaksin Kawasan Zona Hijau Sanur

Percepat Kesiapan Wilayah Zona Hijau di Sanur Denpasar, Ini Langkah Danrem 163/Wira Satya Bergerak

Maka dari itu akhirnya mereka diberikan vaksinasi Covid-19.

Dengan syarat sudah memiliki nomor induk kependudukan (NIK) atau mempunyai kartu izin tinggal terbatas (KITAS) dan terdaftar di Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS)

"Jadi dari kemarin itu ada warga negara asing ekspatriat yang kerja di Sanur itu kan banyak yang minta vaksin. Kalau yang WNA yang ber-KITAS dan yang punya NIK itu tidak masalah, sama yang punya BPJS tidak masalah," tambahnya.

Dan setelah melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 dengan pekerja WNA di Sanur, ternyata lumayan banyak peserta vaksinasi yang berkisar antara 30 hingga 40 orang.

Namun untuk jumlah pastinya pihaknya belum melakukan rekapitulasi data berapa jumlah pekerja WNA yang sudah di vaksin Covid-19 di Sanur. 

Sebelumnya ekspatriat tersebut memang bekerja di kawasan Sanur, Sanur Kaja dan Sanur Kauh.

Diantaranya ada yang bekerja sebagai diving, general manager (GM) hotel, termasuk sebagai pengusaha.

Dan mereka telah mengantongi KITAS yang dikeluarkan oleh pihak keimigrasian. Asal Negara Pekerja WNA yang mendapatkan vaksin Covid-19 pun beragam. Mulai dari Inggris, Thailand hingga Swedia. 

"Karena dia menuntut bahwa memiliki BPJS. Jadi kita lapor tadi ke BPJS. Nah itu baru dapat dia nomor NIK-nya dia. Karena kalau sudah dia ber-BPJS berarti dia kan sudah terdaftar dia. Berarti dia untuk kesehatannya berarti dia berhak dong dapat kalau tinggalnya di Sanur," terangnya. (*) 

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved