Breaking News:

Berita Bali

Pariwisata Internasional Bali Dibuka Pertengahan Tahun, Menko Luhut : Masih Dalam Pembahasan

Satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda, Pemerintah Indonesia pun masih menutup pintu pariwisata bagi wisatawan mancanegara

Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Menko Marves Luhut Pandjaitan saat konferensi pers acara forum investasi dengan negara-negara mitra di Nusa Dua, Bali - Pariwisata Internasional Bali Dibuka Pertengahan Tahun, Menko Luhut : Masih Dalam Pembahasan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda, Pemerintah Indonesia pun masih menutup pintu pariwisata bagi wisatawan mancanegara hingga sekarang.

Hanya Warga Negara Asing (WNA) pemegang visa diplomatik, visa dinas kunjungan resmi pejabat asing setingkat menteri ke atas, izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas serta Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) yang dapat masuk Indonesia.

Kemudian bagaimana sekarang ini apakah larangan tersebut masih berlaku?

"Sebenarnya memang masih ada peraturan itu. Kita lagi evaluasi, karena sekarang ini target kita Bali ini kalau tadi kita berbicara dengan Menteri Kesehatan sampai bulan depan itu kita upayakan bisa sampai 1,8 juta atau mendekati 2 juta masyarakat divaksin di Bali," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Jumat 26 Maret 2021.

Baca juga: Sambut Pembukaan Pariwisata, Sejumlah Unsur di Bali Mulai Siapkan Daerah Tujuan Wisata

Baca juga: Pembukaan Pendaftaran Sekolah Kedinasan Serangkaian Seleksi CPNS 2021 Rencananya Dimulai April

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno : Pembukaan Bali is On The Way

Jika target itu dapat dicapai, dan di bulan April sampai Mei bisa kita tambah lagi satu juta masyarakat Bali telah divaksin sehingga di bulan Mei bisa tercapai 3 juta tervaksinasi Covid-19 dan Bali ini kita anggap bisa jadi green zone atau zona hijau.

Kemudian kapan kita (Indonesia) akan membuka pintu pariwisata khususnya Bali untuk wisatawan mancanegara?

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan menyampaikan hal mengenai itu masih dalam pembahasan.

"Kapan kita akan mau buka dengan asing? Itu pembicaraan lagi jalan juga. Kita juga melihat mana yang boleh datang kemari, yang tentu penanganan Covid-19 baik dan vaksinasinya juga sudah banyak. Sekarang lagi dibicarakan mengenai itu, dan besok ada rapat kata Bu Wamenparekraf mengenai itu," imbuh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, parameter yang digunakan untuk mencabut larangan WNA (Wisman) masuk ke Indonesia, yaitu parameternya kita (Bali khususnya) harus sama dengan parameter digunakan negara asing yang mau masuk ke kita.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved