Breaking News:

Agung Bintang: Program JKN-KIS, Program Mulia Milik Indonesia

“Bagi saya Program JKN-KIS ini telah mematahkan sebuah anggapan jika si miskin tidak boleh sakit,” ujar Bintang.

BPJS Kesehatan
Agung Bintang: Program JKN-KIS, Program Mulia Milik Indonesia 

TRIBUN-BALI.COM - Bekerja sebagai seorang marketing di salah satu media di Kota Denpasar, membuat I Gusti Ayu Agung Bintang Aryani selalu update akan perkembangan zaman.

Salah satu perkembangan zaman yang ia tanggapi dengan positif di bidang kesehatan adalah kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan.

Sebagai seorang pekerja yang beraktivitas di luar rumah, memiliki badan yang sehat dan bugar adalah modal utama untuk dapat bekerja dengan baik, oleh karena itu ia sangat bersyukur memilki JKN-KIS.

Ia yang biasanya dipanggil Bintang itu bersyukur bahwa dirinya termasuk ke dalam peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 1.

Bintang mengaku kepesertaannya sudah mencakup suami beserta kedua anaknya, sehingga dirinya tidak perlu khawatir lagi jika suatu saat nanti sakit dan memerlukan penanganan medis.

“Bagi saya Program JKN-KIS ini telah mematahkan sebuah anggapan jika si miskin tidak boleh sakit,” ujar Bintang.

Baca juga: Ni Wayan Lalitya, Pelajar Sekolah Dasar yang Mengerti Pentingnya JKN-KIS

Melalui Program JKN-KIS, ia meyakini setiap masyarakat akan mendapatkan jaminan kesehatan yang sangat baik dan tanpa membeda-bedakan.

Hal ini sejalan dengan sila kelima Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Seperti sedia payung sebelum hujan, begitulah makna JKN-KIS bagi saya yang sudah tidak muda lagi. Miliki JKN-KIS adalah bonus bagi setiap pekerja,” ungkap Bintang.

Bintang bersyukur selalu diberikan kesehatan dan belum pernah menggunakan haknya sebagai peserta JKN-KIS.

Baca juga: Selalu Sedia JKN-KIS, Suardika Tenang Saat Terkena Tifus

Namun, ini bukanlah hal yang merugikan baginya, justru jika tidak pernah menggunakan haknya sebagai peserta JKN-KIS, maka iuran yang dibayarkan perusahaan dan melalui potongan gajinya setiap bulan akan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“Saya yakin iuran JKN-KIS yang saya bayarkan walaupun tidak seberapa pasti akan bermanfaat bagi yang membutuhkan karena sudah sepantasnya sebagai makhluk sosial untuk saling membantu,” jelas Bintang.

Di akhir wawancara, tidak lupa Bintang turut menyampaikan harapan besarnya kepada Program JKN-KIS. Ia berharap Program JKN-KIS akan terus ada di Indonesia.

Ia juga mendoakan semoga Program JKN-KIS yang memiliki tujuan mulia dengan sistem gotong royong yang dianutnya, di mana peserta sehat membantu peserta yang sakit akan mendapatkan hasil terbaik juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan seluruh rakyat Indonesia. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved