Breaking News:

China

China Merasa Gerah Melihat Hubungan Indonesia dan Jepang Semakin Mesra

Pertemuan 2+2 berjalan sukses antara menteri Jepang dan Indonesia. Malah kedua menteri Indonesia diterima Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Editor: DionDBPutra
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pernyataan bersama setelah penandatanganan kerja sama transfer teknologi peralatan militer Jepang ke Indonesia, Selasa 30 Maret 2021. Dari kiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menlu Retno Marsudi dan kanan adalah Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUN-BALI.COM, TOKYO -China merasa gerah melihat hubungan Indonesia dan Jepang yang semakin mesra.

Kemesraan antara Indonesia dan Jepang baik di bidang Kementerian Luar Negeri maupun Kementerian Pertahanan ditandai pertemuan dan kesepakatan bersama kedua negara pada Selasa, 30 Maret 2021.

"Kami menyatakan keprihatinan sangat serius tentang serangkaian tindakan negatif baru-baru ini dilakukan Jepang terhadap China," kata Hua Chunying, juru bicara Kemenlu China, Kamis 1 April 2021, disiarkan TV TBS.

Baca juga: Lanjutkan Pembelian Alutsista, Menhan Prabowo Subianto Akan Tiba di Tokyo Jepang Besok

Baca juga: PM Yoshihide Suga Sebut Korea Utara Keterlaluan, Tembakkan Rudal Lagi ke Laut Jepang

China menuduh Jepang 'menyebarkan perselisihan' terkait kegiatan maritim Beijing.

Kecaman China itu menyusul adanya dialog two-plus-two antara kepala diplomatik pertahanan Jepang dan Indonesia yang disaksikan Menteri Luar Negeri Indonesia dan Jepang.

Pertemuan 2+2 berjalan sukses antara menteri Jepang dan Indonesia. Malah kedua menteri Indonesia diterima khusus Perdana Menteri ( PM) Jepang Yoshihide Suga tanggal 30 Maret pukul 10.40 di kediaman resmi PM Jepang.

Pengalaman Tribunnews.com selama ini sebuah hal langka Menteri Indonesia diterima resmi di kediaman PM Jepang. Umumnya hanya kepala pemerintahan saja.

Kesepakatan perjanjian tertulis transfer teknologi pertahanan pertama kali terjadi dilakukan Jepang kepada Indonesia yang ditandatangani bersama 30 Maret lalu di Tokyo antara Menhan Prabowo Subianto dan Menlu Retno Marsudi dengan Menhan Jepang dan Menlu Jepang.

"Biarkan saja China begitu. Itu kan hak dia. Yang penting hubungan Indonesia-Jepang semakin mesra saat ini dan itu sangat menguntungkan bagi kita semua terutama dengan ASEAN juga yang semakin dekat dengan Jepang," kata seorang pejabat pemerintah Jepang kepada Tribunnews.com, Jumat 2 April 2021.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul China Protes Keras Hubungan Jepang - Indonesia Semakin Mesra

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved