Breaking News:

Berita Badung

Jadi Wisata Prewedding, Puri Lanang Sibang Kaja Berdayakan Masyarakat dengan Buka Lapangan Pekerjaan

menjadi wisata Prewedding, Puri Lanang Sibang Kaja, Abiansemal memilih memberdayakan masyarakat setempat untuk dipekerjakan di Puri. 

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Beberapa fotografer saat melakukan sesi foto Prewedding di Puri Lanang Sibang Kaja pada Minggu 4 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Setelah berkembang menjadi wisata Prewedding, Puri Lanang Sibang Kaja, Abiansemal memilih memberdayakan masyarakat setempat untuk dipekerjakan di Puri. 

Hal itu dilakukan agar masyarakat juga mendapat pekerjaan ditengah pandemi covid-19.

Setidaknya ada belasan orang yang sudah dipekerjakan di Puri Lanang Sibang Kaja, mereka ditugaskan menjadi tukang kebun, bersih-bersih hingga staf yang ikut mengelola.

Selain itu pula juga memberdayakan pemuda-pemuda yang ada untuk ikut mengambil peran saat dilakukan proses foto Prewedding-nya.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Tak Pengaruhi Pengunjung di Puri Lanang Sibang Kaja Badung untuk Foto Prewedding

"Sampai saat ini karyawan di Puri 7 Orang, dari yang membersihkan puri sampai staf kasir setiap harinya.

Selain itu ada juga beberapa pemuda yang dipekerjakan untuk menjadi Parekan pada sesi foto. Kurang lebih ada 15 orang yang ikut di Puri," kata I Gst. Ngr. Ag. Sasmitra Wiguna, S.E,, (26) yang merupakan pemilik Puri sekaligus sebagai Pionir pada wisata Prewedding saat ditemui Tribun Bali pada Minggu 4 April 2021.

Dijelaskan saat ini pihak Puri hanya melakukan controlling, sehingga tidak sepenuhnya diserahkan ke staf yang dipekerjakan.

Setiap warga asli dari Desa Sibang Kaja yang ingin berfoto prewedding di Puri Lanang tidak dipungut biaya sama sekali atau digratiskan.

"Untuk warga asli sini (Sibang Kaja -Red) kita berikan gratis. Namun kalau untuk orang luar kita tarif Rp 350 ribu," katanya.

Pria yang akrab disapa Jung Sas itu juga mengaku sampai saat ini sudah ada orang dari luar Bali yang sudah melakukan Foto Prewedding di Puri Lanang Sibang.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved