Breaking News:

Berita Buleleng

Desa Patas Buleleng Bali Dapat Bantuan TPS3R

Putu Adiptha Eka Putra pada Minggu 4 April 2021 mengatakan, Buleleng sejatinya mengajukan ke pusat agar diberi bantuan tujuh unit TPS34 untuk tujuh de

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Dinas PUTR Buleleng mendapatkan bantun tempat pengelolaan sampah reduce, reuse, recycle (TPS3R) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPera) R, senilai Rp  510 juta.

TPS3R ini kemudianbakan dibangun di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak. 

Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Eka Putra pada Minggu 4 April 2021 mengatakan, Buleleng sejatinya mengajukan ke pusat agar diberi bantuan tujuh unit TPS34 untuk tujuh desa.

Namun yang disetujui nyatanya baru satu desa, yakni Desa Patas, dengan alasan minimnya anggaran akibat pandemi Covid-19. 

Bahkan, anggarannya diakui Adiptha sedikit berkurang bila dibandingkan tahun lalu.

Warga Muslim Desa Patas Gelar Tradisi Safaran

Pemkab Buleleng Minta Hibah Tanah untuk Bangun TPA di Desa Patas

Dimana, pada tahun lalu, bantuan TPS3R yang diberikan senilai Rp 600 juta, untuk Desa Baktiseraga.

Dimana dalam TPS itu terdiri dari satu unit mobil pick-up, bangunan fisik, tempat komposter, serta mesin pemilah dan pencacah sampah. 

Sementara pada tahun ini, mengingat nilai bantunanya berkurang menjadi Rp 510 juta, maka hanya kendaraan operasionalnya yang diganti, dari sebelumnya mobil pick-up menjadi motor roda tiga.

Sementara bangunan fisik, tempat komposter, serta mesin pemilah dan pencacah sampah tetap sama seperti tahun lalu. 

Adiptha menyebut, penerima bantuan TPS3R ini memang lebih dipriprotaskan untuk Resa Patas. Mengingat jumlah penduduknya sangat tinggi, serta akses menuju TPST juga cukup jauh.

Sehingga ia berharap dengan adanya bantuan TPS3R ini, dapat mengurangi sampah yang masuk ke TPA, khususnya kiriman dari Desa Patas dan desa tetangganya. 

"Jadi TPS3R ini tidak hanya digunakan untuk Desa Patas saja, tapi juga bisa digunakan untuk desa tetangganya. Lahannya sudah disiapkan oleh pihak desa, sekarang kami masih mensosialisasikan desainnya. Target tahun ini sudah dibangun," katanya. 

Apabila TPS3R di Desa Patas sudah beroperasi, maja pengelolaannya jelas Adiptha, dilakukan secara mandiri oleh aparat desa.

Adiptha pun berharap, pusat dapat menambah jumlah bantuan TPS3R di Buleleng, mengingat kondisi TPA Bengkala saat ini mulai overload.

"Kami akan terus mengajukan ke pusat, agar diberikan tambahan bantuan TPS3R. Ini masuk sebagai skala prioritas, mengingat kondisi TPA Bengkala saat ini sudah overload," tutupnya. (rtu)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved