Breaking News:

Dinilai Lebih Powerful, Laptop Berprosesor AMD Ryzen 5000 Resmi Masuk Indonesia

Director of AMD Consumer Business for Asia Pacific & Japan, Paige Shi mengatakan ada dua jenis Ryzen 5000 Series yang diboyong ke Tanah Air

istimewa
Ilustrasi prosesor AMD Ryzen 5000 Series.(AMD) 

TRIBUN-BALI.COM - AMD resmi memperkenalkan deretan prosesor (CPU) laptop dari varian Ryzen 5000 Series Mobile di ajang CES 2021.

Kini, CPU berarsitektur "Zen 3" yang dirancang dengan fabrikasi 7nm tersebut telah hadir di Indonesia.

Director of AMD Consumer Business for Asia Pacific & Japan, Paige Shi mengatakan ada dua jenis Ryzen 5000 Series yang diboyong ke Tanah Air, yaitu Ryzen 5000 H-Series dan U-Series.

Keduanya dirancang untuk laptop dengan target pasar yang berbeda.

Baca juga: 3 Cara Mudah Melihat Spesifikasi Laptop atau Komputer

 "Prosesor Ryzen 5000 U-Series ditujukan untuk laptop tipis dan ringan, sedangkan prosesor Ryzen 5000 H-Series menyasar ke segmen laptop untuk para gamer dan kreator konten," ujar Shi dalam acara peluncuran virtual bertajuk "Power Your Next" belum lama ini.

AMD Ryzen 9 5980HX dan 5900HX menjadi varian prosesor teratas dan pertama dari keluarga Ryzen 5000 H-Series yang dibekali dengan fitur overclock yang telah di-unlock.

Dengan fitur tersebut, kecepatan CPU (clock speed) bisa diatur secara manual oleh para original equipment manufacturer (OEM) hingga ke angka 4,8 GHz dengan TDP hingga lebih dari 45 watt.

Dua prosesor teratas dari Ryzen 5000 H-Series ini diklaim 23 persen lebih tangguh untuk kinerja single-thread dan 17 persen lebih cepat dalam kinerja multi-thread dibanding prosesor generasi sebelumnya. 

Beralih ke AMD Ryzen 5000 U-Series, varian teratas dari keluarga ini, yaitu Ryzen 7 5800U diklaim memiliki kinerja single-thread 16 persen lebih baik, serta performa multi-thread 16 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Dari segi daya tahan baterai, laptop dengan CPU tersebut diiklaim kuat menemani pengguna untuk pemakaian normal dan menonton film hingga puluhan jam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved