Breaking News:

Mahasiswa Prodi MAH Poltekpar Bali Gelar Seminar Hasil Aplikasi Manajemen

Politeknik Pariwisata Bali kelas A angkatan 2017 mengadakan Seminar Hasil Aplikasi Manajemen di Gedung Widyatula Poltekpar Bali, Selasa 6 April 2021.

(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Pembukaan kegiatan seminar hasil aplikasi manajemen yang diselenggarakan mahasiswa prodi manajemen akuntansi hospitaliti Poltekpar Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Memasuki semester VIII, mahasiswa Program Studi Manajemen Akuntansi Hospitaliti (MAH) Politeknik Pariwisata Bali kelas A angkatan 2017 mengadakan Seminar Hasil Aplikasi Manajemen di Gedung Widyatula Poltekpar Bali, Selasa 6 April 2021.

Seminar ini mengambil tema Sistem Informasi Akuntansi Daya Tarik Wisata Jatiluwih Berbasis Web, diadakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pembatasan peserta, wajib selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan dihimbau sesering mungkin mencuci tangan.

Seminar Hasil ini merupakan hasil dari kegiatan praktek mahasiswa program studi MAH semester 8 dalam Aplikasi Manajemen (APM) yang sebelumnya telah melewati penjajakan dan disetujui, lalu seminar proposal, dilanjutkan seminar motivasi, uji coba di DTW Jatiluwih, dan akhirnya hari ini digelar Seminar Hasil.

Dalam Seminar Hasil Aplikasi Manajemen Akuntansi dihadiri oleh Wakil Direktur Politeknik Pariwisata Bali, I Wayan Tuwi SE., M.Si; Auditor Madya Inspektorat Kabupaten Tabanan, I Ketut Sudarba S.S., M.Si; Divisi Administrasi dan Keuangan DTW Jatiluwih, I Made Adi Gunawan, S.Si.; dan tamu undangan lainnya.

Wakil Direktur Politeknik Pariwisata Bali, I Wayan Tuwi mengatakan rangkaian daripada aplikasi manajemen ini adalah tahapan proses pembelajaran mahasiswa didalam mengimplementasikan daripada materi yang didapatkan dari semester I sampai VII.

Diharapkan dengan apa yang dihasilkan dapat memberikan banyak manfaat baik mahasiswa dan Daerah Tujuan Wisata yang dipilihnya.

"Kami berharap khususnya dari manajemen (Poltekpar Bali) apa yang dihasilkan mahasiswa ini bisa memberikan manfaat khususnya kepada DTW Jatiluwih selaku lokus dari kegiatan Aplikasi Manajemen. Selain itu dapat membantu pihak Pemkab Tabanan dan DTW lainnya seperti DTW Bedugul dan Tanah Lot," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Seminar Hasil Aplikasi Manajemen, Ni Made Sindi Dwitayani menyampaikan sistem informasi akuntansi DTW Jatiluwih ini telah dirancang dimulai dari sistem informasi akuntansi secara manual hingga sistem informasi akuntansi berbasis web.

"Selama proses perancangan sistem kami didampingi langsung oleh pihak DTW Jatiluwih dan pihak inspektorat Kabupaten Tabanan. Seminar Hasil Aplikasi Manajemen ini dapat terselenggara berkat kerja keras teman-teman mahasiswa manajemen akuntansi hospitaliti kelas A yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik," ujar Sindi Dwitayani.

Besar harapan dari Sindi Dwitayani mewakili teman-temannya, bahwa sistem yang kami buat dapat bermanfaat khususnya bagi DTW Jatiluwih serta dapat diaplikasikan di DTW lainnya dikemudian hari.

Menurutnya selama proses Aplikasi Manajemen Sistem Informasi Akuntansi Daya Tarik Wisata Jatiluwih Berbasis Web tentu ada kesulitan-kesulitan tersendiri.

"Kesulitan pasti ada karena Daerah Tujuan Wisata itu membuat Rencana Anggaran Biaya atau RAB diawal tahun, pengeluaran yang ada di DTW itu berasal dari RAB. Jadi pengeluaran mereka berpatokan pada RAB tersebut," imbuh Sindi Dwitayani.

Dalam sesi seminar setelah paparan mengenai aplikasi manajemen, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sharing atau masukan dan saran menghadirkan perwakilan DTW Jatiluwih dan Inspektorat Kabupaten Tabanan.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved