Breaking News:

Otomotif, Besi Baja dan Perhiasan Jadi Produk Andalan Ekspor Indonesia

tahun 2020 komoditas besi baja menempati urutan ketiga pada ekspor non migas Indonesia dengan kontribusi sebesar 7 persen.

Tribunnews.com
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Ada tiga produk non minyak dan gas (migas) yang dapat menjadi andalan ekspor Indonesia ke depan.

Pertama, menurut Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, produk otomotif.  Belakangan makin tinggi permintaan di berbagai negara.

"Pertumbuhan otomotif luar biasa, dan ini membuat kita optimis dengan market besar, menjadikan otomotif bagian terpenting ekspor Indonesia," kata Lutfi dalam acara ‘Dialog Gerakan Ekspor Nasional: Target Ekspor Negara Sahabat’ yang digelar Tribun Network secara virtual, Selasa sore 6 April 2021.

Kedua, produk besi baja yang mengalami pertumbuhan ekspor pada tahun lalu sebesar 44,8 persen.

Sedangkan produk ketiga, yaitu perhiasan yang memiliki potensi ekspor sangat besar dan banyak dihasilkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di berbagai daerah.

Baca juga: Dradjad Wibowo: Harus Ada Diversifikasi Negara Tujuan Ekspor, Bukan Hanya ke China

Baca juga: Sebanyak 200 Ton Zirkon Batal Diekspor ke China, Diduga Banyak Mengandung Mineral Lainnya

"Ini akan menjadi tren perdagangan Indonesia ke depan. Saya melihat banyak mitra kita seperti China, Jepang, AS bukan hanya sebagai mitra tapi juga sumber investasi perekonomian nasional," kata menteri.

Sepanjang tahun 2020 komoditas besi baja menempati urutan ketiga pada ekspor non migas Indonesia dengan kontribusi sebesar 7 persen atau senilai 10,85 miliar dolar AS.

Indonesia merupakan negara penghasil komoditas besi dan baja terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Lebih dari 70 persen besi baja Indonesia diekspor ke Tiongkok.

Sedangkan produk perhiasan pada 2020 menempati urutan kelima pada ekspor non migas Indonesia dengan kontribusi sebesar 5,3 persen dengan nilai 8,2 miliar dolar AS.

Hampir 80 persen produk perhiasan diekspor ke Singapura, Swiss, dan Jepang.

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved