Breaking News:

Berita Karangasem

Pemkab Karangasem Akan Beri Sembako Bagi Warga yang Sedang Jalani Karantina Mandiri

Sekda Karangasem, Ketut Sedana Merta, mengungkapkan, pemberian bantuan berupa makanan atau sembako bagi warga yang karantina mandiri

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribunnews
Ilustrasi sembako. Pemkab Karangasem Akan Beri Sembako Bagi Warga yang Sedang Jalani Karantina Mandiri 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem akan memberikan sembako untuk warga yang menjalani karantina mandiri Covid-19.

Pemberian sembako dilakukan sesuai keputusan rapat, Senin 29 Maret 2021, yang dihadiri oleh Asisten, Dinas Sosial, BPBD, Dinas Kesehatan, dan Bagian Hukum, serta Bagian Kesejahteraan Rakyat.

Sekda Karangasem, Ketut Sedana Merta, mengungkapkan, pemberian bantuan berupa makanan atau sembako bagi warga yang karantina mandiri menggunakan anggaran belanja tidak terduga.

Pelaksanaannya berpedoman dengan Peraturan Bupati (Perbup)  Karangasem Nomor 14 tahun 2019 terkait tatacara penganggaran, penggunaan, serta penanggungjawaban dana belanja tidak  terduga sebagaimana diubah terakhir dengan Perbup No. 5 tahun 2021 terkait perubahan ketiga atas Perbup Nomor 14 tahun 2019.

Baca juga: Kehidupan 3 Anak Yatim Piatu di Karangasem, Komang Desi Kadang Tinggalkan Dua Adiknya Jualan ke Ubud

Ada beberapa poin yang disepakati dalam rapat.

Diantaranya usulan permohonan bahan makanan / sembako bagi masyarakat yang menjalani karantina mandiri yang akan ditindak lanjuti adalah kejadian terhitung mulai tanggal 29 maret  2021 serta  seterusnya.

Kedua, dalam permohonan usulan dimaksud agar dilengkapi  dengan fotocopi KK / KTP, SK Lurah / Perbekel tentang penetapan karantina, surat keterangan dari puskesmas.

"Bagi desa yang sudah menganggarkan melalui dana desa untuk penanganan pemberian bahan makanan / sembako bagi masyarakat yang menjalani karantina mandiri agar tidak lagi buat usulan sebagaimana diatas,"kata Ketut Sedana Merta, Kamis 8 April 2021.

Permohonan usulan ini ditunjukkan ke Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangganan COVID-19 Karangasem, serta ditembuskan ke Dinas Sosial Karangasem dan Camat.

Ditambahkan, Dinas Sosial Karangasem agar segera melakukan proses penyusunan rencana kebutuhan belanja dan dokumen lainnya sesuai mekanisme, dengan pedoman pada Perbup yang sudah ditentukan.

Selanjutnya melakukan realisasi serta pendistribusian atas usul yang masuk.

Untuk besaran bantuan yang akan diberikan harus berpedoman pada petunjuk teknis yang sudah dibuat oleh Dinas Sosial sebagai pelaksana.(*)

Artikel lainnya di Berita Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved