Breaking News:

Idap Herpes Zoster? Ini Cara Penyembuhannya

Penyakit Herpes Zoster disebut memiliki kesamaan cara penularan seperti virus corona (Covid-19)

Idap Herpes Zoster? Ini Cara Penyembuhannya
net/ilustrasi
butiran gelembung berisi cairan bening diharapkan tidak sampai pecah untuk menghindari virus lain masuk.

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Penderita penyakit Herpes Zoster (HZ) sering kali merasa nyeri dan perih saat muncul ruam atau bercak merah pada kulit mereka.

Apalagi setelah itu muncul pula bentol pada permukaan kulit yang umumnya berisi cairan yang mudah pecah.

Bagi sebagian besar orang, rasa nyeri yang ditimbulkan penyakit ini akan berkurang seiring menghilangnya ruam pada kulit.

Namun bagi beberapa orang lainnya, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa nyeri yang menetap, atau disebut Neuralgia Paska Herpes (NPH).

CEO Klinik Pramudia, dr Anthony Handoko SpKK FINSDV mengatakan bahwa komplikasi ini muncul akibat rusaknya serabut syaraf, karena aktivitas virus yang berulang.

Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui terapi yang bisa diberikan kepada penderita Herpes Zoster.

Terapi ini dikenal sebagai strategi 3A yakni Attract patient early (deteksi dini), Asses patient fully (menilai kondisi pasien secara lengkap), Antiviral therapy (obat anti virus), Analgetik (obat anti nyeri), Antidepressant atau Anticonvulsant (obat anti depresi atau kejang), serta Allay anxieties counselling (informasi dan edukasi konseling).

Selain itu, penderita penyakit ini dapat pula diberikan terapi topikal berupa obat oles serta terapi suportif seperti istirahat yang cukup dan selalu menjaga kebersihan.

Mereka juga dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar demi kenyamanan dan tidak menggaruk kulit.

"Selain itu, NPH juga perlu mendapatkan terapi khusus, baik lewat obat-obatan maupun non obat," ujar dr Anthony, dalam virtual media briefing bertajuk 'Bagaimana Jika Terkena Herpes Di Masa Pandemi Covid-19', Kamis (8/4/2021).

Halaman
1234
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved