Breaking News:

Ngopi Santai

Spiritualitas, Eling dan Kesadaran

Spiritual ataukah material ditentukan oleh dimana seseorang mencari kebahagiaannya: apakah dalam materi/material atau dalam batin.

Editor: Sunarko
pixabay
Ilustrasi tentang Kesadaran 

TRIBUN-BALI.COM - Mungkin, dewasa ini "spiritual" dan "spiritualitas" adalah di antara kata-kata yang sering terdengar atau diucapkan orang.

Beberapa pakar pun menyebut abad-21 sebagai abad kebangkitan spiritualitas. Walaupun, ada juga pakar yang menggunakan kata spiritual, tetapi justru berkebalikan dengan substansi makna kebangkitan spiritualitas.

Pakar itu Ray Kurzweil. Ia menyebut zaman ini sebagai zaman mesin-mesin spiritual (the age of spiritual machines), karena memprediksi bahwa teknologi komputer berupa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) akan melampaui kecerdasan manusia.

Intinya, yang dimaksud dengan AI ialah mesin yang diprogram menjadi seperti otak atau kecerdasan manusia bahkan melampauinya. 

Baca juga: Kisah Uang Berkaki Empat dan Pandemi

Baca juga: Pesan Indah dari Kisah Paket Berbungkus Kresek Hitam

Oxford Dictionary memberi definisi spiritual sebagai "terkait dengan atau mempengaruhi ruh atau jiwa, sebagai lawan dari hal-hal material atau fisikal".

Definisi lainnya "tidak peduli pada nilai-nilai atau pengejaran material", serta "berhubungan dengan agama atau keyakinan religius".

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mendefinisikan spiritual sebagai "berhubungan dengan atau  bersifat kejiwaan (rohani, batin)".

Spiritual adalah ajektiva atau kata sifat. Kata benda-nya (nomina) ialah spiritualitas; sedangkan pelaku spiritual disebut spiritualis, kendati tidak ditemukan batasan itu dalam KBBI.  

Ada pula yang menerangkan spiritual sebagai hal yang ada di dalam diri, di batin (internal), sebagai lawan dari hal yang di luar diri (eksternal).

Seturut definisi tersebut, spiritualis kemudian diterangkan sebagai "orang yang mencari kebahagiaan secara internal (ke dalam diri); sedangkan orang yang mencari kebahagiaan di luar diri adalah materialis".

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved