Breaking News:

Berita Tabanan

Kegiatan Ramadhan Berbagi, Pondok Pesantren Bali Bina Insani Memberikan Sumbangan ke Masyarakat

Pesantren Pondok Pesantren Bali Bina Insani menggelar kegiatan Ramadhan Berbagi yang diselenggarakan di Tabanan, Bali

Tribun Bali/Harun Ar Rasyid
Kegiatan Ramadhan Berbagi, Pondok Pesantren Bali Bina Insani Memberikan Sumbangan ke Masyarakat di Tabanan, Bali, Minggu 18 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Kegiatan Ramadhan Berbagi yang diselenggarakan Pesantren Pondok Pesantren Bali Bina Insani, menurut H. Ketut Imaduddin Jamal, merupakan bentuk toleransi.

Beliau yang merupakan pendiri Pondok Pesantren Bali Bina Insani serta Pembina Yayasan La Royba mengatakan, bahwa acara yang diselenggarakan hari ini, Minggu 18 April 2021, manfaatnya seratus persen diterima oleh warga yang beragama Hindu di sekitar lingkungan Pondok Pesantren Bali Bina Insani di Tabanan, Bali.

"Acara hari ini diselenggarakan sebagai bentuk toleransi, kenapa saya mengatakan demikian, saya hari ini tidak memberikan bantuan satupun kepada yang muslim," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan sosial yang Pondok Pesantren lakukan biasanya tergabung antara muslim dan Hindu, namun berhubung pandemi, ia mengaku tidak bisa membuat kerumunan terlalu banyak.

Baca juga: BI Siapkan Uang Tunai Rp 152,14 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2021

Baca juga: Dibatasi Hanya 50 Persen, Jamaah yang Datang ke Masjid Agung Palapa Badung Baru 40 Persen

Baca juga: Masjid di Atas Awan di Karangasem, Berada di Ketinggian Sekitar 1.200 Meter di Atas Permukaan Laut

"Biasanya kegiatan seperti ini digabung antara Muslim sama yang Hindu, namun karena Covid seperti ini, kita tidak bisa berdesak-desakan, jadi untuk hari ini gilirannya tetangga-tetangga yang beragama Hindu," ujarnya.

Ditemui pada 18 April 2021 di lokasi acara, H Ketut Imaduddin Jamal mengungkapkan, bahwa acara ini bertujuan untuk merekatkan kembali menyame braye.

"Menyame braye itu tidak hanya slogan untuk kita pidatokan dan lain sebagainya, tapi kita realisir dalam kehidupan sehari-hari" jelasnya.

Usaha untuk merekatkan kembali menyame braye dengan pelaksanaan Ramadhan Berbagi ini juga sesuai dengan kondisi pandemi yang berdampak bagi masyarakat.

"Jangankan ekonominya jalan, untuk makan saja mereka susah" imbuhnya.

Selain itu, kegiatan ini juga momentumnya sangat pas karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan untuk berbagi ke sesama, serta bebeapa hari lalu umat Hindu juga merayakan Galungan.

Halaman
12
Penulis: Harun Ar Rasyid
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved