Breaking News:

Pratu Lukius yang Membelot Jadi Anggota KKB Bawa Kabur 2 Magasin

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, prajurit yang akrab disapa Lukius itu masih ada di Papua.

Editor: DionDBPutra
FACEBOOK
Lucky Matuan, mantan Prajurit TNI yang membelot jadi anggota KKB Papua. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Prajurit Satu (Pratu) Lucky Y Matuan, personel TNI kesatuan Raider 400 Kodam IV/Diponegoro yang membelot menjadi anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Intan Jaya masih terus dicari.

Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, prajurit yang akrab disapa Lukius itu masih ada di Papua.

”Saya dapat laporan keberadaan, tapi masih secara umum ada di Papua,” kata Andika saat konferensi pers di Markas Pomdam Jaya Jakarta pada Selasa 20 April 2021.

Andika membeberkan kronologi prajurit tersebut meninggalkan pasukannya pada 12 Februari 2021 lalu.

Baca juga: KKB Bakar Sekolah dan Rumah Kepala Suku di Beoga Papua, Ipda Ali Akbar: Tidak Ada Korban Jiwa

Baca juga: Brimob dan Raider Pukul Mundur KKB, Kapolda Papua Irjen Mathius: Mohon Doanya Mudah-mudahan Aman

”Terdeteksinya pada Februari lalu, di mana dia meninggalkan pos. Saat itu batalyonnya sedang bertugas di Papua, bertugas operasi yang memang di-manage langsung oleh Mabes TNI,” kata Andika.

Lukius kabur tanpa membawa senjata dari kesatuannya. Namun ia membawa kabur sejumlah amunisi.

”Senjata ditinggal semua, perlengkapan ditinggal, kecuali ada yang dibawa. Yang dibawa ada dua magasin. Magasin itu rumahnya peluru. Rumahnya peluru yang dimasukkan ke dalam senjata," kata Andika.

"Dua magasin dengan isi 70 butir amunisi 5,56 milimeter. Itu yang dibawa," kata Jenderal Andika.

Andika menyampaikan, pihaknya sedang menangani kasus ini. Dia juga telah menyiapkan peraturan pemecatan terhadap Lukius.

"Sampai sekarang proses masih terus kita tangani. Beberapa pasal sudah kita kenakan, termasuk THTI atau Tidak Hadir Tanpa Izin yang setelah 30 hari kita sudah bisa memecat yang bersangkutan," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved