Breaking News:

Berita Bali

Bule Lakukan Aksi Prank Pakai Masker, Kakanwil Kemenkumham Bali: Pelanggaran Harus Kita Tegakkan

Jamaruli Manihuruk menyampaikan, peristiwa tersebut tidak lepas dari pengawasan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali

Pixabay
Ilustrasi masker - Bule Lakukan Aksi Prank Pakai Masker, Kakanwil Kemenkumham Bali: Pelanggaran Harus Kita Tegakkan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Menanggapi viral di media sosial bule melakukan aksi prank atau mengelabui memakai masker padahal yang digunakan adalah make up, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bali, Jamaruli Manihuruk menyampaikan, peristiwa tersebut tidak lepas dari pengawasan Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali.

Dan terhadap kedua WNA tersebut sudah ditemukan oleh imigrasi dan dimintai keterangan mengenai aksi yang dilakukan oleh mereka.

"Informasi terakhir sesuai dengan laporan dari petugas kami di lapangan, kami sudah menemukan yang bersangkutan. Tapi kami juga ingin memastikan kesalahan tersebut," ujar Jamaruli Manihuruk, Rabu 21 April 2021 dalam keterangannya.

Kenapa ingin memastikan kesalahan yang dilakukan kedua orang asing tersebut?, ia menyampaikan karena negara kita negara hukum harus bertindak sesuai hukum.

Baca juga: Viral Video Aksi Prank Bule Rias Wajah Menyerupai Masker, Ini Respons Wabup Badung dan Kadispar Bali

Baca juga: UPDATE:Bule Inggris Terekam CCTV Sempat Berenang 3 Putaran Sebelum Ditemukan Tewas di Homestay Sanur

Baca juga: Viral Video Syur WNA Diduga Dibuat di Wilayah Batur Kintamani, Polisi: Kita Sedang Cek TKPnya

Namun dari pemeriksaan awal, keduanya tidak ada melakukan pelanggaran Keimigrasian, tetapi pihaknya akan lebih lanjut melakukan pemeriksaan terhadap keduanya.

"Itu tidak ada pelanggaran Keimigrasian, tapi tentunya bukan hanya masalah Keimigrasian yang perlu kita tegakkan. Masalah pelanggaran yang lain pun harus kita tegakkan. Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Kepolisian, Satpol PP, Satgas Penanganan Covid-19 dan juga instansi-instansi lainnya yang terlibat dalam razia," jelas Jamaruli Manihuruk.

Dalam beberapa waktu terakhir Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali khususnya Divisi Keimigrasian telah melaksanakan razia atau penertiban WNA pelanggar protokol kesehatan sebanyak 11 kali.

Razia tersebut dilakukan baik sebelum adanya Pergub Bali No. 10 Tahun 2021 maupun setelah terbitnya Pergub tersebut.

"Kami sudah melakukan razia setelah terbitnya Pergub tersebut dan sebelum keluarnya Pergub itu kami sudah melakukan razia sebanyak enam kali. Dan sudah ada 120 orang asing yang kami tindak, itu menjadi tugas bagian kami dari Kanwil Kemenkumham Bali khususnya Divisi Keimigrasian bersama TNI-POLRI, Satpol PP dalam penegakan protokol kesehatan di Bali terhadap orang asing," paparnya.

Halaman
1234
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved