Breaking News:

Berita Klungkung

Petakan Potensi Perairan Nusa Penida Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Turunkan Tim Ahli

Kebutuhan akan komoditi seafood yang cukup tinggi, membuat Pemkab Klungkung mulai "melirik" pengembangan potensi kelautan

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan kunjungan ke Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu 17 April 2021 lalu. - Petakan Potensi Perairan Nusa Penida Bali, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Turunkan Tim Ahli 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kebutuhan akan komoditi seafood yang cukup tinggi, membuat Pemkab Klungkung mulai "melirik" pengembangan potensi kelautan dan pesisir.

Terkait hal ini, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menurunkan tim ahli untuk mulai memetakan potensi perairan di Nusa Penida, Bali.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, I Dewa Ketut Sueta menjelaskan, pemetaan potensi perairan di Nusa Penida akan melibatkan tim ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng.

Mereka akan turun ke Nusa Penida, Senin 26 April 2021.

Baca juga: Penambahan Armada Padang Bai - Nusa Penida Terancam Batal

Baca juga: Bangkitkan Pariwisata Bali, Kemenparekraf Dukung Sport Tourism BCM 2021 Nusa Penida 

Baca juga: Nusa Penida Terpilih Sebagai Salah Satu Lokasi Perhelatan Bali Cycling Marathon 2021

“Rencananya Senin depan tim ahli akan turun ke Nusa Penida untuk identifikasi lapangan. Termasuk memetakan kawasan perairan yang cocok dikembangkan,” ujar Dewa Sueta Negara, Jumat 23 April 2021.

Nantinya tim juga melakukan klasifikasi, komoditi apa saja yang cocok dikembangkan di Nusa Penida.

Apakah budidaya lobster,ikan krapu atau bandeng.

Setelah dilakukan identifikasi dan pemetaan, barulah nantinya akan ditindak lanjuti dengan sosialisasi ke masyarakat.

Menurut Sueta Negara, pengembangan wilayah pesisir Nusa Penida melalui budidaya lobster, ikan krapu dan bandeng, cukup potensial dan waktunya sangat tepat di tengah industri pariwisata yang masih mati suri akibat terdampak pandemi.

“Jika ini jalan, bisa menjadi alternatif warga Nusa Penida sambil menunggu pariwisata kembali normal,” harap Dewa Sueta Negara.

Sebelumnya, rombongan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, melakukan kunjungan ke Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Desa Penyabangan, Grogak, Kabupaten Buleleng, Sabtu 17 April 2021, untuk melihat dan belajar pengembangan potensi kelautan dan wilayah pesisir.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved