Breaking News:

Kapal Selam Hilang Kontak

Kader PDI Perjuangan Bali Gelar Tabur Bunga, Bentuk Penghormatan pada 53 Awak KRI Nanggala 402

Sebagai bentuk penghormatan kepada 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang gugur saat bertugas di perairan Utara Bali, seluruh kader Partai PDI

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Salah satu kader PDI Perjuangan Bali saat menaburkan bunga di dermaga Labuan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, Senin 26 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Sebagai bentuk penghormatan kepada 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang gugur saat bertugas di perairan Utara Bali, seluruh kader Partai PDI Perjuangan serta bupati dan wakil bupati se-Bali menggelar upacara tabur bunga.

Kegiatan ini dilakukan di perairan laut Labuan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali, Senin 26 April 2021 siang. 

Dari pantauan di lokasi, selain tabur bunga, sejumlah kader juga tampak membawa 53 karangan bunga, bertuliskan masing-masing nama awak kapal yang bertugas di KRI Nanggala 402.

Baca juga: 53 Awak KRI Nanggala Gugur Saat Bertugas, Kader PKS Bali Gelar Doa Bersama

Baca juga: Postingan Komandan KRI Nanggala Heri Oktavian, Minta Doa Jika Dirinya Masuk Pemberitaan

Karangan bunga itu juga dilarung oleh pihaknya di tengah laut perairan Labuan Lalang menggunakan kapal patroli milik Polairud Polres Buleleng. 

Ditemui seusai menggelar upacara tabur bunga, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali sekaligus Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, tabur bunga ini dilakukan atas intruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh awak kapal KRI Nanggala 402, atas dedikasinya menjaga kedaulatan NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika sampai akhir hayatnya. 

Selain itu, Koster juga menyebut, PDI Perjuangan akan mengusulkan kepada Presiden RJ Joko Widodo dan pemerintah agar memberikan penghargaan kepada seluruh awak kapal yang gugur.

Baca juga: Baju Keselamatan Escape Suit MK11 Diduga Gagal Dipakai Awak KRI Nanggala-402, Ini Kegunaannya

Baca juga: Duka Untuk KRI Nanggala 402, Megawati Instruksikan Kader PDIP Gelar Tabur Bunga di Sumberklampok

"Semangat, spirit, kepeloporan dan pengabdian awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 sesuai semboyan Wira Ananta Rudira yang berarti tabah sampai akhir, menjadi contoh dan teladan bagi kami petugas partai di Bali dalam menjalankan tugas dan kewajiban untuk mengabdi kepada bangsa dan negara," ucapnya. 

Pada kesempatan itu, Koster juga menyampaikan bahwa pihaknya juga diminta oleh Megawati agar kader-kader PDI Perjuangan se Indonesia, bergotongroyong menyumbangkan dana, untuk melanjutkan studi atau pendidikan bagi putra-putri almarhum yang gugur dalam perisitiwa ini, hingga lulus di tingkat sarjana starata 1 (S1). 

"Nanti DPP PDI Perjuangan akan menbuka rekening, agar bisa diakses oleh para putra putri korban dalam peristiwa ini."

"Semoga arwah para prajurit yang gugur dalam peristiwa ini diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, sesuai jasa dan pengabdiannya sebagai prajurit TNI AL Indonesia, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan kekuatan," tutupnya. (*)

Berita lainnya di KRI Nanggala 402

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved