Breaking News:

Sponsored Content

Walikota Jaya Negara Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Taman Sari Denpasar

Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari ini merupakan wujud bhakti umat yang dalam hal ini

Istimewa
Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara melaksanakan persembahyangan Puja Wali di Pura Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Senin 26 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wali Kota Denpasar, IGN. Jaya Negara melaksanakan persembahyangan Puja Wali di Pura Taman Sari, Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara yang jatuh setiap Purnama Jhiesta, Senin 26 April 2021.

Wali Kota Jaya Negara mengatakan bahwa pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari ini merupakan wujud bhakti umat yang dalam hal ini adalah warga Desa Dangin Puri Kangin, sehingga pelaksanaan yadnya ini dapat menjadi momentum atau sebagai ajang mulat sarira serta meningkatkan sradha dan bhakti umat dalam menjalankan swadarma.

Walaupun dengan keterbatasan dan prokes yang ketat di dalam pelaksanaannya.

“Rasa sujud bhakti umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bhakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta, serta menjalankan Dharma yang dapat memberikan hal positif membersihkan dan menetralisir hal-hal negatif yang tidak diinginkan demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya,” katanya.

Baca juga: Serah Terima Jabatan Baru di Polresta Denpasar, Kombes Pol Jansen: Harus Lebih Ditingkatkan Lagi

Manggala Karya, Nengah Narsa mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan Puja Wali Pura Taman Sari sejak Kamis 22 April lalu, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan pembersihan areal pura.

Ia menjelaskan bahwa Pura Taman Sari adalah Pura Swagina yang keberadaannya sudah ada sejak 52 tahun lalu.

Sebelumnya pura ini sebagai Pura Ulun Suwi yang dikelilingi daerah persawahan.

“52 tahun lalu kawasan di sekitar Pura yakni sekitar  Kreneng merupakan kawasan persawahan, sehingga Pura Taman Sari berada di areal persawahan, namun dengan perkembangan pemukiman saat ini dengan keberadaan pura berada di kawasan perkantoran, pasar, dan pendidikan,” ujarnya.

Pura Taman Sari dengan pengempon Desa Dangin Puri Kangin yang terdiri dari tujuh banjar dan satu lingkungan Asrama Polda Bali dengan jumlah warga kurang lebih 600 KK.

Meliputi Banjar Kreneng, Banjar Kreneng Kaja, Banjar Merta Nadi, Banjar Kerta Bhuwana, Banjar Kertha Bhuwana Kaja, Banjar Merta Rauh dan Banjar Merta Rauh Kaja.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Dangin Puri Kangin, Pemerintah Kota Denpasar, Walikota Denpasar beserta jajaran yang telah hadir melaksanakan persembahyangan bersama dan turut serta dalam pelaksanaan puja wali Pura Taman Sari,” ujarnya. (*)

Editor: Wema Satya Dinata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved