Breaking News:

Berita Klungkung

Kembangkan Komoditas dan Potensi Laut Nusa Penida, Bupati Suwirta Datangkan Tim Ahli BBRBLPP

Rombongan staf ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) mengunjungi Kepulauan Nusa Ceningan, Senin 26 April 2021.

Istimewa
Rombongan staf ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) mengunjungi Kepulauan Nusa Ceningan, Klungkung, Bali Senin 26 April 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Rombongan staf ahli dari Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) mengunjungi Kepulauan Nusa Ceningan, Senin 26 April 2021.

Kunjungan ini dalam rangka tindak lanjut hasil kunjungan kerja Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta ke Kantor BBRBLPP di Br. Gondol Ds. Penyabangan Kecamatan Gerokgak, Singaraja beberapa hari lalu, guna menjalin kerjasama pembangunan Demplot percontohan budidaya di kecamatan Nusa Penida.

Rombongan yang terdiri atas Ir. Ibnu Rusdi, Mp., Drs. Bedjo Slamet,I Gusti N. Permana, S.Pi,Mp. dan Hendra A. Kurniawan, diterima di SDN 2 Lembongan.

Baca juga: Pasar Jungubatu di Klungkung Bali Dibangun Dengan Anggaran 2,9 Miliar

" Saya menyampaikan terima kasih kepada tim ahli Balai Besar Riset Budidaya Laut Dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP) yang sudah merespon kunjungan kerja saya beberapa hari lalu dan kini hadir di Nusa Ceningan untuk melakukan survei dan mengidentifikasi lokasi guna memastikan komoditas yang tepat untuk dikembangkan di Nusa Penida," ujar Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan kegiatan ini adalah bentuk keseriusan Pemkab Klungkung dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada di laut Nusa Penida.

Menurutnya, jika budidaya ini berhasil maka kebutuhan seafood untuk pariwisata di Nusa Penida tidak perlu didatangkan dari Bali yang mengakibatkan harganya semakin mahal.

Pihaknya berharap area mangrove yang berada di pulau Nusa Ceningan akan berhasil melakukan budidaya kepiting, lobster, kerapu dan abalone untuk kebutuhan pariwisata di Nusa Penida.

Baca juga: Wilayah Rawan Tsunami, BPBD Klungkung Gelar Simulasi Bencana Khususnya Daerah Pesisir

"Hasil dari kunjungan ini semoga dapat ditentukan komoditas yang memungkinkan/cocok dikembangkan untuk Demplot maupun untuk budidaya masyarakat, sehingga kebutuhan seafood untuk pariwisata tidak mesti didatangkan dari luar dan ini merupakan peluang juga untuk masyarakat kita," tandasnya.

Sementara itu Ketua rombongan tim ahli BBRBLPP, Ir. Ibnu Rusdi, MP., mengatakan dirinya sangat mengapresiasi  antusiasme dan keseriusan Bupati Suwirta yang secara langsung memimpin jajarannya belajar dan berupaya mengembangkan potensi laut Nusa Penida

"Sangatlah jarang ada bupati yang mau memimpin langsung jajarannya belajar mengenai pengembangan potensi laut khususnya tentang budidaya ikan laut, Ini merupakan dukungan yang sangat baik bagi pengembangan potensi yang ada di Nusa Penida," ujar Ir. Ibnu Rusdi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved