Breaking News:

Berita Badung

Badung Usulkan Tari Baris Babuang Desa Adat Batu Lantang, Desa Sulangai Jadi WBTB

Tari Baris Babuang yang ada di Desa Adat Batu Lantang diusulkan pemerintah setempat, untuk bisa ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda

Dishub Badung
Tari Baris Babuang yang ada di Desa Adat Batu Lantang, Desa Sulangai, Kecamatan Petang Badung - Badung Usulkan Tari Baris Babuang Desa Adat Batu Lantang, Desa Sulangai Jadi WBTB 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Tari Baris Babuang yang ada di Desa Adat Batu Lantang, Desa Sulangai, Kecamatan Petang, Badung, Bali, kini diusulkan pemerintah setempat, untuk bisa ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Kabarnya pengusulan itu pun sudah dikirim ke Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Kepala Dinas Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha diwakili Kepala Bidang (Kabid) Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Badung, Ida Bagus Gede Arjana membenarkan hal tersebut.

Pihaknya mengatakan, hanya satu usulan WBTB dari Badung yang dikirim tahun ini.

Baca juga: Resmi Jadi Maskot, Pemkab Bangli Garap Tarian dan Lagu Pucuk Bang bersama Seniman

"Usulan Tari Baris Babuang tersebut telah dilengkapi dengan beberapa dokumen antara lain format penetapan WBTB, foto dan video sebagai dokumentasi, serta kajian berupa buku dan skripsi," ujarnya, Selasa 27 April 2021

Dirinya pun memastikan tahun 2021 akan diusulkan, pasalnya usulan tersebut merupakan usulan tahun lalu yang ditunda karena narasinya yang perlu disempurnakan lagi.

Usulan itu pun sudah diserahkan ke Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

"Usulan dari Badung sudah dikirim ke Dirjen Kebudayaan Kemendikbud oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Bali bersama dengan usulan WBTB dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Bali," terang IB Arjana.

Diakui, kelengkapan kajian menjadi salah satu kendala yang dihadapi di lapangan.

Sebab tidak semua tradisi ada kajiannya, kecuali memang ada penelitian.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved