Breaking News:

Sponsored Content

Mudahkan Masyarakat Pantau Riwayat Kesehatan dengan E-Cakep yang Telah Terintegrasi Mobile JKN

Kabupaten Badung selalu berupaya untuk berinovasi dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Badung

Istimewa
Mudahkan Masyarakat Pantau Riwayat Kesehatan Dengan E-Cakep yang Telah Terintegrasi Mobile JKN 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sebagai Kabupaten pertama di Provinsi Bali yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dalam kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Kabupaten Badung selalu berupaya untuk berinovasi dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Badung, Bali.

Dalam bidang Informasi dan Teknologi, Kabupaten Badung telah melahirkan aplikasi Electronic Catatan Kesehatan Pribadi atau yang disingkat dengan E-Cakep.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar, Muhammad Ali dalam sambutannya mengatakan, bahwa BPJS Kesehatan senantiasa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Badung yang telah mendukung Program JKN-KIS yaitu komitmennya dalam mencapai UHC dan inovasi E-Cakep.

“Dengan hadirnya aplikasi E-Cakep, diharapkan masyarakat Kabupaten Badung akan mendapatkan kemudahan baru yaitu gambaran riwayat kesehatan pribadi dari peserta dan aplikasi ini dapat diakses langsung oleh peserta dengan mudah,” ungkap Ali saat melaksanakan sosialisasi aplikasi E-Cakep kepada puluhan Kepala Desa, Lurah dan Camat se-Kabupaten Badung pada Selasa 27 April 2021.

Baca juga: Ni Wayan Nasri Tanggalkan Penyakit Asam Urat Bersama JKN-KIS

Ali mengatakan, di dalam aplikasi E-Cakep ini terdapat berbagai fitur antara lain Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital, fitur peserta, fitur riwayat obat, fitur pelayanan FKTP, fitur pelayanan FKRTL, fitur antrian online dan fitur Informasi.

Melalui fitur peserta pada aplikasi E-Cakep, peserta dapat mengetahui informasi JKN seluruh anggota keluarga, mulai dari status aktif sampai FKTP terdaftar dan informasi riwayat penyakit dan alergi.

“Aplikasi E-Cakep ini telah dapat diunduh langsung melalui appstrore atau play store. Aplikasi E-Cakep sudah terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN. Untuk login aplikasi ini menggunakan user dari Mobile JKN peserta terdaftar,” ungkap Ali.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, I Nyoman Gunarta menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Badung bersyukur masih bisa mempertahankan UHC kepesertaan Kabupaten Badung sebesar 98,2 persen dari total jumlah penduduk Kabupaten Badung.

Baca juga: 8 Badan Usaha di Klungkung Bali Tunggak Iuran JKN-KIS Pekerjanya

“E-cakep adalah kemudahan dalam satu genggaman untuk masyakarat dapat mengakses riwayat data kesehatan pribadinya dan berharap aplikasi ini bertumbuh menjadi aplikasi yang dibutuhkan,” jelas Gunarta (*).

Kumpulan Artikel Bali

Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved