Breaking News:

Berita Karangasem

Karangasem Kurangi Materi Kesenian di Pesta Kesenian Bali 2021

Dinas Kebudayaan Kabupaten Karangasem terpaksa mengurangi kelompok kesenian yang akan dipentaskan diajang Pesta Kesenian Bali

dokumentasi Panitia PKB 2019
Pementasan Wayang Wong “Anoman Duta” dari Sanggar Gurnata SMKN 4 Bangli sebagai Duta Kabupaten Bangli di Kalangan Angsoka, Taman Budaya (Art Center) Denpasar, Jumat28 Juni 2019 serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 - Karangasem Kurangi Materi Kesenian di Pesta Kesenian Bali 2021 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Karangasem terpaksa mengurangi kelompok kesenian yang akan dipentaskan diajang Pesta Kesenian Bali (PKB) 2021.

Pengurangan ini dikarenakan dana yang diberikan Provinsi Bali berkurang, dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Kepala Disbud Karangasem, Putu Arnawa mengatakan, kelompok kesenian yang akan dipentaskan di PKB rencananya tujuh kesenian.

Yakni parade gong kebyar dewasa, parade gong kebyar anak, lomba baleganjur, kerajinan ukir, gender wayang anak, kerajinan bambu, dan terakhir lomba taman penasr.

Baca juga: Ratusan Duta PKB Gianyar Jalani Vaksinasi Covid-19

"Parade gong kebyar anak ditunda karena anggaran tidak mencukupi, serta sesuai hasil komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Bali. Untuk tahun ini kelompok kesenian yang pentas mengalami perubahan, semula tujuh berubah menjadi lima kelompok kesenian,"kata Putu Arnawa, Rabu 28 April 2021.

Lima kelompok kesenian yang akan dikirim yakni parade gong kebyar dewasa, baleganjur, gender wayang anak, kerajinan mengukir dan tembang girang.

Perubahan ini karena dana yang diberikan berkurang.

Awalnya dijanjikan sekitar Rp 750 juta, tapi dipangkas lantaran untuk penanganan Covid-19.

"Kemungkinan kita dapat 500 juta dikarenakan ada refocusing anggaran yang dialokasikan untuk penanganan Covid. Dan ini tidak cukup untuk mengakomodir tujuh kelompok kesenian, makanya dikurang jadi lima,"kata Arnawa, mantan Kabag Humas dan Protokol serta Kabag Kesra Karangasem.

Ditambahkan, pawai yang rencana digelar secara virtual di Taman Seokasada batal karena ada perubahan.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved